Sukses

Beauty

Mengapa Perut Langsung Sakit Setelah Menyantap Makanan Pedas?

Ladies, banyak orang suka makan pedas. Tapi tak sedikit yang tak senang dengan masakan pedas. Beberapa orang bermasalah dengan pencernaan ketika habis menyantap masakan pedas. Perut akan terasa sakit, melilit, dan tak jarang panas sesudah menyantap masakan yang pedas. Nah, mengapa beberapa orang langsung sakit perut setelah makan pedas? Ini jawabannya Ladies.

Ini karena ternyata cabai yang merupakan bumbu utama dalam segala masakan pedas memiliki senyawa capsaicin. Senyawa ini jika masuk dalam tubuh melebihi kadar yang ditentukan bisa menyebabkan iritasi di lambung. Capsaicin yang terlalu banyak mampu mengikis pertahanan lambung. Jika sudah iritasi inilah terjadi rasa sakit perut atau melilit.

Bagi yang berlambung sensitif, tak sengaja menyantap makanan pedas meski hanya sedikit akan menyebabkan rasa nyeri. Perut bakal terasa sakit.

Kondisi ini disebut juga dengan dispepsia fungsional. Sebuah keadaan yang membuat orang mengalami keluhan pada saluran cerna atas, seperti sakit perut, mual, serta begah setelah menyantap makanan pedas.

Nah, bagi kamu yang sering bermasalah dengan makanan pedas ini bisa banget menyiapkan beberapa minuman seperti susu atau yogurt. Makanan yang mengandung alkali dengan pH netral seperti susu, atau tidak begitu asam seperti plain yogurt, cream cheese dan buttermilk akan membantu mengatasi rasa terbakar dalam perut.

Sumber: Liputan6.com

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading