Sukses

Beauty

Menjaga Kesehatan Dengan CERDIK dapat Menangkal Narkoba

Belakangan ini, kasus narkoba tidak hanya menjerat mereka yang sudah dewasa saja. Melainkan anak remaja hingga anak di bawah umur tersandung kasus ini.

Keadaan tersebut membuat pihak Kepolisian, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dan Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) Jakarta Pusat prihatin. Pihak-pihak tersebut pun punya cara tersendiri untuk memerangi dan mencegah penggunaan narkoba dan obat-obatan terlarang, dengan melakukan gerakan dan deklarasi #HidupSehatTanpaNarkoba.

Ketua HDCI Jakarta Pusat, Feriadi menjelaskan, anak muda tetap keren dan bisa kreatif tanpa menggunakan narkoba. HDCI adalah komunitas yang sangat masif diharapkan menjadi duta anti narkoba yang bisa menyerukan semangat anti narkoba kepada banyak orang.

"Kami akan terus menyuarakan bahwa narkoba adalah hal yang tidak pantas dicoba, untuk di konsumsi oleh para generasi muda penerus bangsa," papar Feriadi yang akrab disapa Bro Feri saat ditemui di acara kampanye #HidupSehatTanpaNarkoba.

Feriadi pun mengungkapkan keprihatinan terhadap pengguna narkoba di bawah umur. Padahal, tanpa menggunakan narkoba anak-anak Indonesia tetap hebat.

Pencegahan narkoba dengan melakukan gerakan dan deklarasi #HidupSehatTanpaNarkoba/copyright Shutterstock.com

"Kita akan tetap keren, hebat, maju, dan pintar tanpa narkoba. Jadi orang Indonesia keren tanpa narkoba. Saya rasa itu adalah pesan yang harus disuarakan ke seluruh Indonesia. Narkoba itu sudah menyentuh anak-anak di bawah umur, ini sangat memprihatinkan," tambahnya.

Sejalan dengan semangat HDCI Jakarta Pusat yang mendukung acara Dit Resnarkoba dan Polres Metro Jakarta Selatan, yaitu deklarasi bertajuk Hidup Sehat Tanpa Narkoba tersebut, Kapolres Jakarta Selatan, Kombes Pol, Indra Jafar, menjelaskan kepada masyarakat agar tidak perlu malu untuk memberitahu jika diri sendiri, keluarga, saudara dekat terkena narkoba. Hal ini untuk memudahkan proses rehabilitasi.

"Karena kami menyediakan rehabilitasi untuk para korban atau pengguna narkoba," kata Indra.

Acara Deklarasi ini diadakan untuk menggerakkan semangat kebangsaan Cinta Indonesia dengan hidup sehat tanpa narkoba. Mengajak seluruh masyarakat untuk peduli dan aktif melapor adanya penyalahgunaan narkoba yang terjadi di sekeliling dan di lingkungan tempat tinggal.

Pada acara tersebut dihadiri pula ratusan bikers HDCI Jakarta Pusat, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono, Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan, Vivick Tjangkung, dan Wakil HDCI Jakarta Pusat, Arbain Siregar.

Perwakilan dari Kementerian Kesehatan RI, dr. Fidiansyah, selaku direktur pencegahan dan pengendalian masalah kesehatan jiwa dan nafzah, yang juga hadir dalam deklarasi tersebut menegaskan kepada masyarakat untuk lebih mengutamakan menjaga kesehatan dengan CERDIK. Kiat gaya hidup sehat tersebut sangat digaungkan oleh Kementerian Kesehatan terlebih untuk menangkal penggunaan Narkoba.

"CERDIK, yaitu Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin beraktivitas fisik, Diet yang baik dan seimbang, istirahat yang cukup, dan kelola stress," ungkap Fidiansyah.

Agar tidak semakin banyak masyarakat yang terkena narkoba, para dokter juga terus menyerukan apa saja bahaya ketika mengonsumsi narkoba. Hal tersebut sebagai bentuk dari cara pencegahan.

"Dampak adiktif dari penggunaan narkoba sangat banyak dan mengerikan. Mulai dari mata sakit, jantung berdetak tidak teratur, flu tidak kunjung sembuh, dan hal itu mengarah kepada penyakit HIV/AIDS. Efek samping lainnya menjadi hiperseksual dan penyimpangan," ujar dr. Hariadi dari IDI Jakarta Selatan.

(vem/asp/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading