Sukses

Beauty

Makan Mie Instan Pakai Nasi Berbahaya, Begini Penjelasannya

Bagi sebagian besar dari kita, rasanya belum kenyang jika belum makan nasi. Ya, nasi adalah makanan pokok yang wajib ada di setiap menu makan sehari-hari. Nasi merupakan makanan yang mengenyangkan dan kaya akan karbohidrat penting buat tubuh. Umumnya, nasi akan dimakan bersama lauk pauk. Beberapa orang juga akan makan nasi bersama mie instan.

Mengenai makan nasi pakai mie instan, apakah ini boleh dilakukan? Dari sisi praktis, mie memang merupakan makanan yang enak, rasanya khas dan cocok dijadikan lauk pengganti ikan atau sayur. Tanpa lauk, makan nasi pakai mie instan saja sudah sangat enak. Hanya saja, kebiasaan ini rupanya sangat tidak baik buat kesehatan.

Kenapa Makan Nasi Pakai Mie Tidak Sehat?
Beberapa studi menyebutkan bahwa dalam satu porsi mie instan mengandung sedikitnya 400 kalori. Jumlah ini sama dengan jumlah kalori yang terkandung di dalam satu porsi nasi beserta lauknya. Jika kamu makan nasi dan mie instan secara bersamaan, kalori yang masuk ke tubuh diperkirakan bisa mencapai 600 sampai 700 kalori. Padahal, rata-rata kalori yang dibutuhkan wanita dewasa hanya sekitar 1200 sampai 1500 kalori.

Usahakan agar makan mie isntan pakai sayur, daging atau ikan agar nutrisinya lebih baik/copyright pexels.com

Kelebihan Kalori Meningkatkan Risiko Obesitas Hingga Diabetes
Ketika tubuh mengalami kelebihan kalori, ini bisa meningkatkan risiko obesitas hingga diabetes. Perpaduan mie instan dan nasi bisa meningkatkan kalori dalam tubuh, menaikkan indeks glikemik dan beberapa hal lain yang menyebabkan meningkatnya gula darah dalam tubuh. Ini juga akan meningkatkan timbunan lemak dalam tubuh.

Walau kaya akan karbohidrat dan kalori, nasi serta mie instan dipercaya tidak akan memenuhi kebutuhan nutrisi lain di tubuh seperti vitamin, protein, zat besi, serat dan sebagainya. Para ahli menyarankan agar kita membatasi mie instan saat mengonsumsinya. Usahakan untuk mengonsumsi mie instan maksimal satu kali dalam seminggu.

Dibandingkan mengonsumsinya bersama nasi dan menimbulkan berbagai bahaya, konsumsi mie instan bersama sumber nutrisi lain seperti sayur, daging, telur, ikan atau sejenisnya. Yuk ladies, mulai memperbaiki pola hidup dan pola makan yang lebih sehat. Semoga informasi ini bermanfaat.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading