Sukses

Beauty

Muncul Ketombe di Alis Mata? Awas, Ini Penyebabnya!

Ini mungkin terdengar aneh. Selama ini mungkin kamu mengira ketombe hanya bisa muncul di rambut kepala. Tapi ternyata, bagian alis yang juga ditumbuhi rambut, bisa lho mengalami ketombean.

Dilansir dari Beautyhealthtips, Rabu (11/04/18), alis bisa berketombe karena alasan-alasan ini lho.

1. Kulit kering
Kulit kering pada wajah dan area alis bisa menyebabkan munculnya ketombe. Penggunaan produk kimia yang terlalu keras seperti sabun dan toner juga menjadi penyebab kulit kering dan timbulnya ketombe pada alis. Jika kamu berpindah di tempat yang sangat dingin, ber-AC dalam tingkat kelembapan yang relatif rendah, juga berpotensi menjadikan kulit kering.

2. Seborrheic dermatitis
Ini adalah kondisi di mana kulit mengalami peradangan dan pengelupasan akibat produksi minyak berlebih dari kelenjar minyak. Alis merupakan salah satu area pada wajah, yang memiliki kelenjar minyak terbanyak selain kulit kepala dan area di samping hidung. Kamu bisa mengatasinya dengan cara rutin membersihkan alis menggunakan sampo anti ketombe yang dicampur dengan tiga tetes minyak pohon teh.

Jaga kebersihan alat makeup agar alis tidak berketombe/copyright Shutterstock.com

3. Psoriasis
Psoriasis adalah kondisi penyakit kulit yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh yang biasanya terjadi pada daerah siku, lutut, kulit kepala dan alis. Jika mengalami ini, kulit akan berubah kering, mengelupas, meradang, menebal dan muncul ketombe di alis.

4. Contact dermatitis
Pilih dan jaga kebersihan kosmetik yang kamu gunakan, salah satunya adalah pensil alis. Karena ternyata satu faktor penyebab munculnya ketombe pada alis adalah terlalu sering menggunakan pensil alis berkualitas buruk sehingga menyebabkan munculnya ruam berupa contact dermatitis.

Mungkin alis memang tidak seperti bagian tubuh lain yang perlu diperhatikan dan dirawat setiap hari, tapi jangan abaikan ketika muncul ketombe di alis ya!

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading