Sukses

Beauty

Waspada, Terlalu Lama Duduk Risikonya Sama Besar dengan Merokok

Apakah kamu salah satu pekerja yang bekerja di kantor dan menghabiskan banyak waktumu dengan duduk di depan komputer? Sudahkah kamu memiliki pola hidup lebih sehat, olahraga cukup dan gerak tubuh cukup selama bekerja tersebut?

Dilansir dari laman liputan6.com, duduk terlalu lama di kantor memiliki risiko kesehatan sama dengan risiko merokok. Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga Kementerian Kesehatan, drg Kartini Rustandi, M. Kes, mengungkapkan bahwa duduk terlalu lama bisa memicu beragam penyakit mematikan tidak menular di tubuh. Beberapa penyakit tersebut antara lain adalah obesitas, jantung, diabetes dan menurunnya metabolisme dalam tubuh.

Menurut data Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) tahun 2013, para pekerja yang memiliki gaya hidup sedentary sudah mencapai 26 persen dan memiliki risiko kesehatan yang sangat berbahaya. Mengutip dari laman healthday.com, kebanyakan duduk juga berdampak menyebabkan komplikasi pencernaan.

Duduk terlalu lama bahanya sama dengan bahaya merokok/copyright pexels.com

Duduk terlalu lama akan menyebabkan tekanan pada perut sangatlah besar. Tekanan inilah yang nantinya membuat sistem pencernaan tidak bisa bekerja secara baik seperti biasanya. Umumnya, sistem pencernaan yang dibuat duduk terlalu lama akan bekerja lebih lambat dan meningkatkan risiko perut kembung, kram, sembelit, mulas hingga produksi gas berlebihan.

Penelitian terbaru juga menyebutkan bahwa terlalu lama duduk bisa mempengaruhi fungsi otak. Ini karena otak tidak mendapat asupan darah dan oksigen yang cukup seperti ketika seseorang berdiri atau melakukan aktivitas fisik yang lebih menyehatkan.

Well ladies, meski kamu bekerja di depan komputer setiap harinya, pastikan untuk memiliki gerak tubuh yang cukup. Lakukan peregangan dan gerakan tubuh ringan yang bisa membuat fungsi organ tubuh bekerja dengan baik.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading