1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Tips Mengurangi Risiko Bakteri Salmonella dari Makanan

Rabu, 18 April 2018 16:00 Penulis: Ayu Puji Lestari
Bakteri Salmonella/copyright unsplash.com

Vemale.com - Ladies, berita tentang penarikan 2016 juta telur di Amerika memang bikin was-was. Seperti yang dilansir liputan6.com (16/4) Food and Drug Administration (FDA) mengeluarkan perintah penarikan 206.749.248 telur yang diproduksi oleh Rose Acre Farms di Seymour, Indiana, Amerika Serikat. Penarikan dilakukan setelah ada 22 laporan orang sakit usai mengonsumsi telur ayam.

Kejadian ini pertama kali diketahui setelah FDA menerima laporan salah satu konsumen yang tinggal di wilayah pesisir timur Amerika Serikat. Telur ayam yang diduga tercemar bakteri salmonella yaitu telur hasil produksi Hyde County Farm yang dijual dengan beberapa merek dagang seperti Country Daybreak, Food Lion, dan Crystal Farms biasa didistribusikan ke toko-toko ritel dan restoran di Colorado, Florida, New Jersey, New York, Noth Carolina, Virginia dan West Virginia.

Bakteri salmonella dapat ditemukan dalam makanan yang kamu konsumsi. Untuk itulah penting menjaga kebersihan makanan yang akan dikonsumsi. Bakteri salmonella dapat menyebabkan demam tifoid atau lebih dikenal dengan nama tifus. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi yang terkandung dalam makanan yang terkontaminasi.

Mencegah Salmonella

Meskipun keberadaan salmonella dalam makanan tidak dapat dideteksi dengan cara biasa, bukan berarti kamu tidak dapat mengurangi risiko bakteri ini. Nah, berikut ini adalah tips untuk mengurangi risiko tercemarnya makanan dengan bakteri salmonella. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Sebelum mengonsumsi telur, pastikan kamu memasaknya hingga benar-benar matang.
  2. Masak daging hingga kematangan yang sempurna. Daging yang dimasak dengan sempurna dapat membunuh bakteri jahat dalam makanan. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko daging tercemar bakteri salmonella.
  3. Simpan makanan panas dan dingin secara terpisah.
  4. Hindari membiarkan makanan terbuka. Simpan makanan dengan tertutup agar terhindar dari bakteri jahat.
  5. Jaga kebersihan alat masak dan makan.
  6. Selalu mencuci tangan dengan sabun sebelum memegang makanan.

Ladies, mengingat parahnya akibat dari bakteri salmonella sebaiknya kamu lebih menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh. Bakteri salmonella bisa menyerang siapa saja. Tetap berhati-hati, ya.

(vem/apl)
KOMENTAR PEMBACA
Video Skrin.id : Hanung Bramantyo Bicara Tentang 'The Gift' #MovieTalks