1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

10 Cara Mengeluarkan Dahak di Tenggorokan secara Alami

Senin, 16 April 2018 18:02 Penulis: Redaksi Vemale
Foto ilustrasi (iLikeHealthy)

Vemale.com - Semua orang, baik itu bayi, dewasa dan lansia tentunya pernah mengalami batuk. Batuk ringan sampai dengan batuk yang berat. Batuk bisa dialami karena tersedak atau karena tenggorokan gatal. Ada banyak faktor penyebab batuk: karena alergi, yaitu alergi debu atau alergi binatang. Hal-hal tersebut adalah contoh dari faktor penyebab batuk ringan. Lain lagi dengan batuk yang berat. Batuk yang berat adalah batuk yang dialami penderita terus-menerus tanpa berhenti. Penyebabnya bisa saja karena adanya beberapa penyakit yang hinggap dan berkembang di tubuh tanpa Anda sadari. Penyebab batuk berat bisa karena gejala TBC, gejala ISPA, gejala bronkitis, atau penyakit paru-paru lainnya.

Ada beberapa orang yang meremehkan batuk. Padahal dengan adanya batuk, bisa menjadi pertanda bahwa tubuh sedang dalam keadaan tidak beres (sakit). Jenis-jenis batuk: batuk kering, batuk berat, batuk kering dan batuk berdahak. Dahak adalah cairan kental yang berwarna hijau kekuning-kuningan mirip ingus yang berasal dari dalam paru-paru tubuh yang mungkin karena adanya infeksi.

Dalam berbagai kasus, ada orang yang bisa mengeluarkan dahaknya secara mudah, tapi ada juga yang sulit mengeluarkan dahaknya sehingga menyebabkan pernapasan menjadi terganggu bahkan bisa menyebabkan kepala pusing. Dahak yang membandel dan susah dikeluarkan ini juga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Selain tenggorokan terasa gatal dan sakit karena dahak yang tidak mau keluar, juga setiap saat harus mengeluarkan dahak ketika batuk. Anda harus bolak-balik ke wastafel dan masuk ke kamar mandi hanya sekedar untuk meludahkan dahak, hal yang tentu sangat melelahkan dan mengganggu terutama pada saat sedang bekerja atau saat hendak mau istirahat dan tidur.

Cara mengatasi batuk berdahak bisa dengan meminum obat khusus untuk batuk berdahak. Tapi, perlu diketahui bahwa Anda juga bisa mencoba cara mengeluarkan dahak tanpa obat sendiri. Sebelum Anda mencoba untuk mengatasinya dengan minum obat, ada beberapa cara mengeluarkan dahak yang sebaiknya Anda coba.

Cara mengeluarkan dahak

1. Minum banyak air

Biasanya dahak susah keluar karena terlalu kental. Dengan meminum air putih dalam jumlah banyak, maka hal ini akan menjadi cara mengeluarkan dahak dengan mengencerkan dahak. Air putih juga berguna untuk menggantikan cairan yang keluar karena sering mengeluarkan dahak.

2. Mengkonsumsi bawang putih

Cara lain untuk mengeluarkan dahak namun tidak perlu meminum obat adalah dengan cara memakan atau mengunyah bawang putih secara langsung. Bawang putih dapat berfungsi sebagai agen anti-bakteri dan anti-jamur yang berguna untuk membasmi bakteri penyebab dahak.

3. Daun mint

Daun sudah terkenal khasiatnya sebagai cara melegakan tenggorokan. Anda juga bisa menerapkannya sebagai cara mengeluarkan dahak yang efektif.

Caranya adalah:

  1. Seduh beberapa lembar daun mint yang sudah dicuci bersih.
  2. Minumlah dengan rutin.

4. Menghirup uap air hangat yang dicampur dengan minyak kayu putih

Cara agar menghirup uap air hangat bisa semakin efektif untuk mengeluarkan dahak, cobalah menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam air panas.

5. Menghirup uap air hangat

Dengan menghirup uap air hangat dapat membantu untuk mengeluarkan dahak karena uap air hangat yang kita hirup akan membantu mencairkan lendir yang ada dalam paru-paru.

Caranya:

  1. Masaklah air hingga mendidih.
  2. Lalu hiruplah uapnya.
  3. Jaga jarak agar hidung tidak terlalu dekat dengan air, supaya kulit hidung tidak melepuh.

6. Banyak minum minuman hangat

Dengan mengkonsumsi minuman hangat akan membantu untuk mengencerkan lendir yang mengendap pada tenggorokan sehingga cairan bisa keluar. Selain meminum air putih hangat, Anda juga bisa minum air teh hangat, wedang jahe hangat, lemon tea hangat, mint tea hangat. Minuman-minuman tersebut mengandung antiseptik dan dekongestan alami untuk memudahkan dahak keluar.

7. Madu dan jahe

Berikut ini juga minuman hangat yang tepat digunakan sebagai cara mengeluarkan dahak, yaitu madu dan jahe. Jahe sejak jaman dulu telah diyakini sebagai rempah-rempah yang dapat mengurangi batuk dan cara mengeluarkan dahak.

Caranya:

  1. Parut 100 g jahe lalu peras airnya.
  2. Campurkan dengan madu dan segelas air hangat.
  3. Minum 2 kali sehari agar dahak segera keluar.

8. Kumur air garam

Selama ini telah menjadi rahasia umum bahwa garam biasa digunakann sebagai obat untuk masalah kesehatan pada gigi. Selain untuk masalah gigi, ternyata garam juga bisa digunakann sebagai cara mengeluarkan dahak yang efektif. Kadar sodium-nya yang tinggi mampu membasmi bakteri penyebab dahak.

Caranya:

  1. Masukkan 2 sdm garam ke dalam segelas air hangat.
  2. Aduk hingga larut.
  3. Kumur hingga pangkal lidah dengan menengadahkan kepala agar bisa membasmi bakteri penyebab dahak.

9. Kunyit

Kunyit mempunyai kandungan zat yang mampu membasmi kuman dan bakteri penyebab batuk berdahak, fungsi utamanya untuk mengencerkan dahak agar menjadi cair sehingga lebih mudah untuk mengeluarkannya.

Caranya adalah:

  1. Parut kunyit, lalu peras airnya.
  2. Seduh dengan segelas air hangat.
  3. Bisa juga dengan ditambahkan madu.
  4. Minumlah dengan rutin.

10. Lada

Bahan rempah-rempah selanjutnya adalah lada, yang juga bisa digunakan sebagai cara mengeluarkan dahak.

Caranya:

  1. Seduh ½ sdt lada dengan segelas air hangat.
  2. Untuk menambah rasa agar tidak pedas, tambahkan madu sesuai selera Anda.
  3. Minum ramuan ini dengan rutin.

Semoga bermanfaat.

(vem/tew)
KOMENTAR PEMBACA
TOPIK TERKAIT
  1. Kesehatan Umum
Video Skrin.id : #MovieTalks - Terbang Menembus Langit
00:00