Sukses

Beauty

Manusia Tetap Bisa Hidup Meski Kehilangan 7 Organ Tubuh Ini Lho!

Bertahan hidup adalah hal yang harus dilakukan manusia dan makhluk lain di dunia ini setiap harinya. Beberapa makhluk hidup memiliki ketahanan tubuh yang rendah sehingga gampang mati, namun manusia termasuk makhluk hidup kuat yang bisa bertahan hidup dengan baik, bahkan jika harus kehilangan tujuh bagian organ tubuhnya.

Dilansir dari indy100.com, seseorang masih tetap bisa hidup meski tidak memiliki 7 organ tubuh berikut ini.

1. Limpa
Limpa adalah organ yang terletak di perut sebelah kiri atas dekat dengan rusuk terakhir. Karena letaknya dekat dengan rusuk dan hanya tertutup oleh jaringan galus, limpa mudah robek jika terjadi kecelakaan atau hal tak diinginkan di sekitarnya.

Jika tidak ditangani dengan tepat, kebocoran limpa dapat menyebabkan kematian. Tapi manusia masih bisa bertahan hidup meski tak memiliki limpa. Karena fungsi utama limpa yang merupakan tempat mendaur ulang sel darah merah, menyimpan sel-sel darah putih dan trombosit dapat digantikan oleh hati dan jaringan limfoid.

2. Lambung
Lambung tentu menjadi organ yang penting dimiliki tubuh, karena sistem pencernaan bekerja di sini. Lambung berfungsi memecah makanan, penyerapan, dan sekresi. Tapi jika lambung harus diangkat, seperti yang terjadi pada seorang perempuan Inggris karena mengonsumsi koktail yang mengandung nitrogen cair, maka dokter harus memasang esofagus ke usus kecil sehingga proses pencernaan tetap berjalan. Setelah pemulihan, perempuan tersebut dapat makan dengan normal meski dibantu dengan suplemen vitamin.

Pengangkatan satu organ reproduksi tetap bisa membuat manusia hidup/copyright iStockphoto.com

3. Organ Reproduksi
Organ reproduksi utama pria yang berupa testis, dan wanita adalah indung telur, keduanya adalah organ yang berpasangan, sehingga membuat seseorang masih bisa memiliki anak meski ada satu yang diangkat, karena masih bisa berfungsi.

Pengangkatan salah satu testis atau indung telur bisa disebabkan kanker atau trauma akibat kecelakaan atau olahraga terlalu keras. Penelitian bahkan menunjukkan, wanita dengan salah satu indung telur yang diangkat tak akan memperpendek angka harapan hidup. Uniknya, pria yang diangkat satu testisnya justru punya harapan hidup lebih panjang.

4. Usus Besar
Usus besar adalah organ yang berfungsi menyerap air dan memadatkan sisa makanan yang akan dikeluarkan dari tubuh. Kanker bisa membuat seseorang harus kehilangan sebagian atau seluruh usu besarnya, dan oleh karena itu pengangkatan usus besar bisa dilakukan. Tapi orang bisa pulih setelah menjalani operasi tersebut meski mengalami perubahan pola makan dan kebiasaan buang air besar.

Pengangkatan usus besar/kolon juga tetap bisa membuat manusia hidup normal/copyright iStockphoto.com

5. Kantung Empedu
Empedu menyimpan bilirubin yang secara konstan diproduksi hati untuk memecah lemak, tapi ketika tak dibutuhkan dalam pencernaan, bilirubin akan disimpan di dalam kantong empedu. Ketika usus mendeteksi lemak, hormon akan dilepaskan sehingga membuat kantong empedu berkontraksi, memaksa empedu mencerna lemak. Namun, kelebihan lemak bisa membentuk batu-batu empedu, dan ketika tidak bisa bekerja semestinya, kantung empedu harus diangkat. Meski begitu manusia tetap bisa hidup.

6. Usus buntu/Apendiks
Apendiks merupakan bagian yang mungkin dianggap sepele karena tidak diketahui fungsinya namun bagian ini adalah rumah bagi bakteri baik untuk usus. Apendiks atau umbai cacing ini bisa menimbulkan masalah pencernaan seperti pembengkakan dan penyumbatan. Meski begitu, hidup manusia tidak akan berpengaruh banyak jika bagian ini diangkat.

7. Ginjal
Ginjal manusia ada sepasang, berfungsi menyaring darah untuk menjaga keseimbangan air, elektrolit, dan asam-basa dalam darah. Kalaupun harus diangkat atau didonorkan, manusia masih bisa hidup dengan baik dengan satu ginjal asalkan dalam kondisi sehat. Bahkan seseorang masih bisa hidup tanpa ginjal, sebagai gantinya harus dibantu dengan dialisis.

Jadi, itu dia fakta kesehatan bahwa manusia tetap bisa hidup meski tanpa sekian organ tersebut. Tapi tentu saja akan lebih baik jika semua organ tubuhmu lengkap dan sehat ya ladies.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading