1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Memiliki Otot & Tubuh Kekar Bantu Penderita Kanker Payudara Panjang Umur

Rabu, 11 April 2018 13:50 Penulis: Rohmitriasih
copyright pexels.com

Vemale.com - Sejauh ini, kanker payudara masih menjadi salah satu penyakit paling ditakuti oleh kaum hawa. Kanker payudara juga masih menjadi penyakit serius yang mematikan ketika ini tidak diatasi sejak sedini mungkin. Melansir dari laman Tech Times, kanker payudara adalah penyakit yang mematikan dalam jangka waktu yang sebentar.

Namun jangan khawatir ladies, para ahli yang melakukan studi dan diterbitkan di JAMA Oncology Journal  mengungkapkan jika penderita kanker payudara bisa lebih panjang umur ketika ia memiliki masa otot dan tubuh yang besar alias kekar. Studi ini dilakukan sedikitnya pada 3 ribu penderita kanker stadium II dan III oleh Kaiser Pemanente di California dan Dana Faber Cancer Institute.

Dari studi yang dihasilkan, peneliti menemukan bahwa penderita kanker payudara dengan massa otot lebih tinggi memiliki angka harapan hidup lebih panjang dan tinggi. Kebalikannya, penderita kanker payudara dengan masa otot lebih rendah dan tubuh kurang sehat secara keseluruhan memiliki harapan hidup rendah atau risiko kematian lebih tinggi.

Otot kuat dan tubuh sehat bisa meningkatkan angka harapan hidup seseorang sekalipun ia penderita kanker payudara/ilustrasi copyright sf.co.ua

Meski diketahui penderita kanker dengan massa otot tinggi bisa panjang umur, peneliti belum menemukan alasan pasti kenapa hal ini terjadi. Dugaan sementara para peneliti adalah, massa otot yang tinggi memiliki hubungan erat dengan sel kanker di tubuh.

Bette Caan, peneliti dari Kaiser Permanente menyarankan agar semua wanita rajin melakukan olahraga beban atau gym demi mencegah kanker serta mengobatinya. Meski cukup berat, olahraga gym juga sangat memungkinkan membantu semua orang memiliki harapan hidup tinggi, tubuh lebih sehat dan bahagia.

Untuk mencegah dan mengatasi kanker payudara sendiri, penting bagi setiap wanita untuk menghindari stres, menghindari rokok dan alkohol, konsumsi makanan sehat, minum air putih cukup dan memiliki waktu istirahat cukup.


(vem/mim)
KOMENTAR PEMBACA
Video Skrin.id : Masa Depan Angel Lelga & Vicky - David NOAH Angkat Bicara
00:00