Sukses

Beauty

Konsumsi Kopi Berlebih Bisa Menyebabkan Nyeri Payudara pada Wanita

Payudara merupakan bagian tubuh yang sangat penting dijaga terutama untuk wanita. Payudara yang kurang dijaga dengan baik bisa menyebabkan beragam masalah yang mengancam kesehatan. Masalah kesehatan pada payudara sendiri ada bermacam-macam, mulai dari payudara kendur, nyeri hingga risiko kanker.

Kira-kira, apa yang membuat payudara terasa nyeri? Apakah ini adalah tanda dari risiko kanker atau penyakit lain yang mengancam jiwa? Payudara yang terasa nyeri bisa disebabkan oleh banyak hal. Selain Premenstrual Syndrome (PMS), nyeri payudara juga bisa terjadi karena konsumsi makanan tertentu secara berlebih semisal kopi.

Dilansir dari laman womenshealthmag.com, terlalu banyak konsumsi kopi dengan kandungan kafein tinggi bisa meningkatkan risiko nyeri payudara. Taraneh Shirazian, MD, seorang asisten profesor kebidanan di Icahn School of Medicine, Mount Sinai, New York menyebutkan bahwa kandungan kafein pada kopi bisa membuat payudara terasa tidak nyaman dan nyeri.

Rasa nyeri ini akan lebih berisiko pada wanita yang memiliki jaringan payudara fibrokycstic (benjolan/gumpalan pada payudara). "Jika kamu punya kebiasaan konsumsi kopi lebih dari tiga gelas dari sehari dan merasa nyeri pada payudara, kurangi asupan kopi. Konsultasikan kesehatanmu pada dokter," ungkap Taraneh.

Selain PMS dan konsumsi kopi, nyeri pada payudara juga bisa terjadi karena aktivitas dan olahraga yang terlalu berat. Taraneh mengatakan, "Otot dan jaringan pengikat di bawah payudara sangatlah lembut. Jika mendapatkan gerakan ekstrem, ini berisiko membuat payudara nyeri dan sakit."

Semoga informasi ini bermanfaat dan kita semua semakin bijak ketika hendak konsumsi kopi dan mengonsumsi makanan lainnya.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading