Sukses

Beauty

Awas, 6 Tanda Aneh Ini Gejala Kamu Terkena Serangan Jantung

Meski mungkin serangan jantung lebih umum terjadi pada pria, namun jangan mengabaikan serangan jantung pada wanita, karena justru serangan jantung pada wanita lebih berbahaya dan tidak menunjukkan gejala parah dan terlihat jelas. Tanda-tanda aneh inilah yang justru jadi tanda bahaya serangan jantung.

1. Lipatan pada telinga

Jika selama ini kamu menyadari tidak ada lipatan di daun telingamu tapi tiba kamu menyadari ada yang berbeda, kamu perlu memeriksakannya. Lipatan berbentuk diagonal pada daun telinga dikenal sebagai tanda Frank. Hal ini menunjukkan ada keterkaitan dengan peningkatan risiko aterosklerosis.

Dilansir dari Deccan Chronicle, aterosklerosis adalah penyakit plak yang menumpuk di dalam arteri. Lipatan pada daun telinga juga terkait dengan penyakit serebrovaskular, penyakit pembuluh darah di otak.

2. Endapan lemak

Endapan lemak, yang disebut 'xanthoma' dapat muncul di siku, lutut, bokong atau kelopak mata. Kondisi ini memang tidak berbahaya, tapi bisa menjadi pertanda masalah yang lebih serius. Xanthoma paling sering terlihat pada orang yang mengidap penyakit genetik, yang disebut familial hypercholesterolemia.

Orang dengan kondisi ini punya kadar kolesterol lipoprotein densitas rendah yang sangat tinggi (kolesterol jahat). Endapan lemak ini juga bisa muncul pada arteri yang memasok darah ke jantung. Oleh karena itu, kamu bisa berisiko kena penyakit jantung.

3. Kuku jari tangan tebal

Clubbed fingernails jadi pertanda kalau kesehatan jantung terganggu. Pada kondisi ini, kuku berubah bentuk menjadi lebih tebal. Ini karena lebih banyak jaringan yang diproduksi. Perubahan ini biasanya tidak menimbulkan rasa sakit dan terjadi pada kuku jari di kedua tangan. Keterkaitan dengan masalah jantung adalah darah yang mengandung oksigen tidak mencapai jari dengan baik.

4. Lingkaran di sekitar iris

Penumpukan lemak juga dapat dilihat di mata, ditandai dengan adanya lingkaran lemak berbentuk cincin kelabu di bagian luar iris (bagian mata yang berwarna). Istilah medis ini disebut arcus senilis.

Kondisi ini tidak mengganggu penglihatan. Sekitar 45 persen orang di atas usia 40 tahun punya lemak di sekitar iris. Lingkaran ini meningkat dialami sekitar 70 persen orang di atas usia 60 tahun. Munculnya lemak ini pertanda kemungkinan risiko penyakit jantung koroner.

5. Radang gusi

Kesehatan mulut menjadi indikator yang baik mengecek jantung. Bakteri pada mulut dapat memasuki aliran darah sehingga menyebabkan peradangan di pembuluh darah. Kondisi ini mengakibatkan penyakit kardiovaskuler. Penelitian menunjukkan, gusi yang meradang (periodontitis) adalah penanda penyakit jantung.

6. Bibir berwarna biru

Bibir biasanya berwarna merah, tapi bagi orang yang punya masalah jantung, bibirnya berwarna kebiruan (sianosis). Hal ini terjadi karena adanya kegagalan sistem kardiovaskuler mengalirkan darah oksigen ke jaringan bibir. Kondisi ini bahkan terjadi ketika seseorang tidak sedang merasa kedinginan. Pada orang normal, bibir biru muncul karena kekurangan oksigen dan bisa kembali dalam kondisi semula bila berada di lokasi yang hangat.

Itu dia sekian tanda gejala kamu akan terkena serangan jantung. Jangan abaikan gejalanya dari sekarang ya ladies. Segera larikan ke rumah sakit jika melihat tanda-tandanya.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading