Sukses

Beauty

Resistensi Antibiotik Melonjak di Seluruh Dunia, Apa yang Jadi Sebabnya?

Ladies, beberapa tahun terakhir iniĀ  resistensi antibiotik melonjak di seluruh dunia. Lonjakan resistensi antibiotik terjadi seiring penggunaan antibiotik yang juga meroket antara tahun 2000 dan 2015. Ini terjadi di sebagian besar negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Sebuah penelitian menemukan bahwa tingkat konsumsi antibiotik melonjak 39 persen selama periode 15 tahun (2000-2015). Penggunaan antibiotik ini meningkat dari 11,3 dosis harian menjadi 15,7 dosis harian per 1.000 orang.

Antibiotik diperlukan untuk mengobati banyak infeksi di negara berkembang dan negara berpenghasilan rendah. Resistensi ini kabar baik dan juga kabar buruk.

Di negara maju seperti Amerika Serikat, penggunaan antibiotik yang berlebihan menimbulkan risiko mematikan. Penyalahgunaan dan penggunaan berlebihan juga menyebabkan resistensi antibiotik. Bakteri pun bermutasi. Infeksi serius seperti pneumonia (infeksi paru), tuberkulosis, dan keracunan darah pun berkembang di AS dan jadi sulit diobati. Ini bahkan jadi tak bisa diobati karena antibiotik jadi kurang efektif.

Peningkatan antibiotik ini mengkhawatirkan. Penggunaan kelompok antibiotik baru berupa linezolid, carbapenems, dan colistin meningkat di hampir semua negara. Ada cara untuk mencegah resistensi antibiotik. Hal ini dari pengaturan soal pemberian antibiotik. Antibiotik harusnya diresepkan sesuai kebutuhan.

Sementara itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberikan panduan penggunaan antibiotik.

1. Hanya gunakan antibiotik bila diresepkan oleh profesional kesehatan yang bersertifikat.
2. Jangan pernah meminta antibiotik bila perawat atau dokter bilang, 'Anda tidak membutuhkannya.'
3. Jangan konsumsi antibiotik sekali pakai atau sisa.
4. Pilih makanan yang higienis dan diproduksi tanpa menggunakan antibiotik.

Semoga informasi ini bermanfaat untukmu ya Ladies.

Sumber: Liputan6.com

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading