Sukses

Beauty

Nggak Disangka, Benda di Rumah Ini Bisa Jadi Pemicu Timbulnya Kanker

Seperti yang sudah diketahui, kanker merupakan salah satu penyakit pembunuh di dunia yang sangat ganas. merupakan penyakit mengerikan yang bisa disebabkan oleh banyak hal. Bukan cuma pola hidup yang tak sehat saja Ladies, ternyata kanker juga bisa disebabkan beberapa benda di rumah lho.

Dilansir dari Reader Digest, Selasa (27/3/2018), menurut pakar toksikologi, ada beberapa benda di sekitar rumah yang sebaiknya diwaspadai. Apa saja sih?

Sofa

Benda yang satu ini bisa jadi salah satu penyebab kanker. Ini karena sofa dirawat dengan menggunakan bahan kimia anti api, yaitu TDCIPP. Menurut studi dari Duke University, TDCIPP ditemukan pada darah orang yang mereka uji. Hal ini karena bahan kimia tersebut banyak digunakan pada furnitur yang dibuat sebelum tahun 2013. Tak hanya itu, studi ini juga menemukan TDCIPP banyak ditemukan dalam debu rumah tangga. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu mulai mengganti sofa yang dibeli sebelum tahun 2013.

Tirai dan karpet

Benda ini juga bisa jadi penyebab kanker jika terkena zat kimia dari asap rokok, kadmium. Zat tersebut bersifat karsinogenik, yang dapat menempel pada tirai dan karpet. Sayangnya, kadmium sangat kuat menempel meski sudah berusaha dibersihkan. Untuk menghindari hal ini sebaiknya jangan merokok di dalam rumah.

Kursi kulit

Bahan yang terbuat dari kulit umumnya mengandung Kromium (VI). Eleman ini ternyata bersifat karsinogen, yang berpotensi menjadi penyebab kanker. Sebuah studi dari Denmark menemukan hampir setengah dari sepatu dan sandal kulit impor mengandung beberapa tingkat karsinogen. Selain itu perabot kayu dan zat pewarna pada tekstik juga bisa jadi penyebab kanker. Kamu wajib  memperhatikan label pada barang tersebut sebelum membelinya.

Taman

Tempat ini rupanya juga berpotensi menjadi penyebab kanker. Ini karena adanya dioksin yang dapat ditemukan di seluruh area taman. Dioksin mengandung karsinogen, yang dapat menyebabkan kanker. Paparan dioksin dapat meningkatkan risiko terserang kanker. Saat bekerja di taman kamu disarankan untuk mengenakan sarung tangan. Selain itu, biasakan diri untuk mencuci bersih anggota tubuh sebelum masuk rumah.

Kulkas lama

Tidak disangka, tapi benda ini nyatanya bisa menyebabkan kanker. Menyimpan kulkas lama di dalam rumah ternyata dapat membuatmu berpotensi terkena kanker. Hal ini karena kulkas lama menyimpan cairan pendingin yang bersifat karsinogen. Sebaiknya singkirkan kulkas yang sudah terlampau tua dari rumah.

Produk pembersih

Beberapa produk pembersih seperti cairan pencuci piring, pelembut kain, dan pembersih karpet ternyata menjadi barang yang dapat membuatmu berpotensi mengidap kanker. Ini karena adanya kandungan senyawa formaldehida pada produk pembersih tersebut bersifat karsinogen. Mulai sekarang baca selalu label produk pembersih dan pilih dengan cermat.

Lemari

Untuk menjaga pakaian tetap bersih dalam lemari kamu bakal menggunakan produk bahan kimia bernama Perchloroethylene. Bahan ini ternyata mengandung karsinogen. Zat ini juga dijumpai pada produk penghilang noda, semir sepatu, dan pembersih kayu. Karenanya selalu gunakan sarung tangan ketika menyemir sepatu dan membersihkan kayu.

Styrofoam

Peralatan dapur yang terbuat dari styrofoam mengandung styrene yang bersifat karsinogen. Jika terkena panas, bahan kimia tersebut dapat melebur pada makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Pembasmi serangga

Bahan kimia mengandung pestisida dapat meningkatkan risiko kanker. Sebaiknya pilih produk pembasmi serangga alami yang bebas pestisida.

Nah Ladies, mulai sekarang kamu wajib selalu berhati-hati dan selektif dalam memilih produk demi hidup sehat dan jauh dari kanker. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Sumber: Liputan6.com

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading