Sukses

Beauty

Mengenal Gejala dan Jenis Penyakit Autoimun

Kabar duka datang dari keluarga Mark Sungkar. Seperti yang dilansir dari kapanlagi.com (1/4) Putrinya yang bernama Jamilah Sungkar, meninggal dunia tanggal 31 Maret 2018, di Rumah Sakit AMC Amsterdam karena penyakit autoimun. Jamilah Sungkar meninggal karena penyakit yang menyerang jaringan tubuhnya sendiri.

Ladies, penyakit autoimun yang menyerang Jamilah Sungkar terjadi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang mengalami gangguan sehingga menyerang jaringan tubuh itu sendiri. Seharusnya sistem imun hanya menyerang organisme atau zat-zat asing yang membahayakan tubuh. Gangguan autoimun terjadi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang keliru menyerang jaringan tubuh sendiri.

Baca Juga: Kakak Tiri Zaskia-Shireen Sungkar Meninggal Karena Penyakit Autoimun

Gejala Penyakit Autoimun

Penyakit autoimun ini tidak dapat dicegah, dan bahayanya penyakit ini banyak menyerang perempuan usia produktif. Penyakit ini bisa menimbulkan kerusakan pada rubuh. Tubuh yang diserang akan mengalami gangguan tulang persendian, saraf, kelenjar dan organ-organ penting lainnya.

Gejala yang dirasakan oleh masing-masing orang akan berbeda, tergantung dengan ketahanan tubuhnya. Namun gejala yang sering dialami adalah kelelahan, demam dan pusing. Dan yang perlu kamu ketahui, autoimun ini termasuk penyakit yang langka dan unik.

Jenis Penyakit Autoimun

Ada berbagai jenis penyakit autoimun yang menyerang, antara lain Antibody Syndrome, Autoimun Hepatitis, Celiac Dease, Guillain-Barre Syndrome (GBS), Hemolytic Anemia, Ideophathic Thrombosythopenic Purpura (ITP), Lupus Eritematosus Sistemik, Multiple Sclerosis, Psoriasis dan Diabetes.

Ladies, banyak sekali jenis penyakit autoimun. Faktor penyebab penyakit autoimun seperti genetika, faktor lingkungan, hormon seks (alasan mengapa penyakit ini banyak menyerang usia produktif) dan pengaruh infeksi. Penyakit ini bukan akhir dunia, meskipun gangguan autoimun tidak dapat disembuhkan, tetapi gejala yang menimbulkan gangguan ini dapat dikendalikan dengan pengobatan yang tepat.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading