Sukses

Beauty

Tak Cuma Makanan, 16 Benda Termasuk Kacamata Hitam Ini Bisa Kedaluwarsa

Biasanya makanan dan kosmetik saja memiliki masa kedaluwarsa. Ternyata beberapa benda yang mungkin tak kamu sangka ini juga bisa kedaluwarsa lho Ladies. Ada batas penggunaan maksimal dari benda-benda yang kamu kira tak bisa kedaluwarsa. Apa saja sih? Intip ulasan lengkapnya seperti yang dilansir oleh Reader's Digest berikut ini yuk.

Kursi Mobil
Setiap kursi mobil ternyata punya tanggal kedaluwarsa yang dicetak di bagian bawah tempat duduk. Umur kursi bervariasi tergantung tanggal pembuatan dan merek. Masa berlaku kursi ini ada yang enam hingga sepuluh tahun tergantung jenis kursinya.

Sunblock
Para ahli mengatakan bahwa tabir surya biasanya hanya efektif selama tiga tahun. Kamu disarankan untuk mencatat tanggal pembelian di botol agar tahu kapan masa kedaluwarsanya.

Bensin
Bensin ternyata juga bisa kedaluwarsa. Kamu perlu waspada jika bengkel menyimpan persediaan bensin hingga lima tahun. Perlu diketahui, konsistensi minyak bisa berubah dan akan berdampak pada kinerja mesin.

Kantung Teh
Kantung teh bisa jadi tak segar jika terlalu lama. Kualitas teh akan berkurang selama dua tahun.

Kacamata Hitam
Kacamata hitam ternyata ada batas pemakaiannya. Menurut peneliti di Universitas Sao Paulo, Brasil, seiring berjalannya waktu, kacamata hitam akan berkurang kualitasnya. Hal ini dikarenakan pemakaian dan goresan yang merusak lensa.

Cat
Cat minyak yang belum dibuka sesungguhnya masih bagus hingga 15 tahun, dan cat lateks bisa bertahan hingga 10 tahun. Para ahli lukisan menyarankan untuk membuang cat apapun yang sudah terbuka dengan umur dua hingga empat tahun.

Pasta Gigi
Beberapa pasta gigi baik digunakan hingga dua tahun setelah tanggal pembuatan.

Sabun Batangan
Jika sudah kedaluwarsa sabun tak akan berfungsi dengan optimal. Para ahli menyarankan untuk tidak menyimpannya lebih dari tiga tahun. Tanda-tanda sabun yang sudah terlalu lama di antaranya kering dan retak.

Hidrogen Peroksida
Bahan pemutih dan disinfektan ini memiliki jangka waktu simpan sekitar enam bulan setelah dibuka. Sementara, bila masih tertutup bisa bertahan sekitar tiga tahun.

Sepatu Lari
Siapa yang menyangka jika sepatu juga bisa kedaluwarsa. Semakin sering kamu olahraga maka semakin turun kualitas sepatu. Ini akan membuat gerakan olahraga jadi tak maksimal dan bisa meningkatkan risiko cedera. Kamu disarankan untuk mengganti sepatu setelah berjalan minimal 482.803 hingga 965.606 KM.

Helm
Helm juga bisa kedaluwarsa. Bagian dalam helm akan terkena garam dalam keringat yang membuatnya korosi. Selain itu, sinar matahari juga mempengaruhi plastiknya. Setidaknya, pengendara motor disarankan mengganti penutup helm setiap dua tahun.

Semprotan Anti Serangga
Semprotan serangga paling lama bertahan sampai tiga tahun. Jika sudah kedaluwarsa maka semprotan ini tak akan berfungsi sempurna dan tak bisa membunuh serangga.

Maskara
Buang maskara sekitar tiga bulan setelah dibuka. Ini karena maskara mudah terkontaminasi bakteri. Ini akan berbahaya jika digunakan dekat mata.

Spons
Spons loofah yang biasa digunakan mencuci atau mandi sebaiknya diganti setiap 3-4 minggu. Ini karena sel kulit mati bisa terperangkap di celah-celah spons dan malah membuat bakteri berkembang.

Baterai
Bagian baterai bisa mengalami orosi setiap waktu. Lithium bisa rusak dan membuatnya sulit mengalirkan listrik. Perhatikan tanggal kedaluwarsanya. Baterai yang sudah habis masa berlakunya ini mungkin tak berbahaya tapi fungsinya tak akan sama seperti baterai baru.

Pelembab
Pelembab yang telah dibuka lebih daru dua tahun tidak akan sama manfaatnya seperti yang baru. Untuk menghindari kuman, gantilah setiap enam bulan sekali.

Semoga informasi ini bermanfaat untukmu ya Ladies.

Sumber: Liputan6.com

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading