Sukses

Beauty

Baik Untuk Ibu Hamil, Ini Kandungan dan Manfaat Lengkap Buah Naga

Buah yang satu ini memiliki warna, bentuk, dan tekstur yang menarik. Siapa yang menyangka jika buah naga punya banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Buah yang merupakan salah satu jenis kaktus ini cukup unik. Sebelum berubah menjadi buah, bunga buah naga ini mulai bersemi sejak sore hingga malam hari hanya untuk menjadi layu saat terkena sinar matahari. Karena bunganya terlihat indah, bunga buah naga dijuluki Moonflower atau Queen of the night.

Wujud fisik dari buah naga juga tergolong unik, mulai dari kulitnya hingga dagingnya. Kamu mungkin mengira penampilan buah naga hanya ada dengan kulitnya yang berwarna merah, namun sebenarnya ada juga buah naga yang kulitnya berwarna kuning dan sekilas mirip dengan nanas. Daging buah nagapun ada yang berwarna ungu dan ada yang berwarna putih. Tampilan bagian dalam buah naga mirip dengan buah kiwi, yaitu terdapat biji hitam kecil-kecil yang bisa dimakan.

Buah naga berasal dari Amerika Tengah, di beberapa negara Asia Tenggara, seperti Thailand dan Vietnam, mereka juga menghasilkan dan mengekspor buah naga. Hylocereus undatus (bahasa latin dari buah naga), adalah buah dengan rendah kalori namun menganndung banyak nutrisi, yaitu vitamin B dan C, fosfor, protein, kalsium, fiber, captin, dan antioksidan.

Ada orang yang beranggapan bahwa buah naga dengan daging putih dan merah berbeda, namun sebenarnya keduanya sama-sama bermanfaat dan bernutrisi bagi tubuh. Buah naga ini aman untuk dikonsumsi oleh siapapun, bahkan untuk ibu hamil.

Cara mengkonsumsi buah naga sangat mudah :

Belah buah naga menjadi dua bagian, lalu keruk isinya dan makanlah. Bisa juga di blender untuk dijadikan jus buah naga.

Manfaat buah naga sendiri sangat banyak antara lain:

1. Membantu pertumbuhan dan kesehatan tulang serta melancarkan peredaran darah

Buah naga mengandung kalsium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi anda. Begitu juga zat besi dan fosfor-nya akan membantu melancarkan peredaran darah dan memperbaiki jaringan-jaringan yang rusak dalam tubuh.

2. Membantu meringankan batuk dan asma

Biji buah naga kaya mengandung lemak omega 3 dan omega 6 yang berfungsi untuk membantu meringankan gangguan respirasi, jadi bila kamu menderita asma atau sedang batuk-batuk yang tidak kunjung-berhenti, mengkonsumsi buah ini meringankan sakit batuk. Namun bukan berarti bahwa buah naga adalah obat penyembuh asma.

3. Menunda penuaan dini

Manfaat buah naga yang lain yaitu untuk kecantikan adalah mampu memperlambat terjadinya penuaan diri. Karena zat antioksidannya akan membuat kulitmu tetap kencang dan beregenerasi dengan baik.

4. Membantu masalah pencernaan

Makanlah buah naga untuk membersihkan pencernaan, karena kandungan fiber atau seratnya yang tinggi akan membantu proses pencernaan dan mampu mengobati konstipasi atau sembelit. Selain itu dengan memakan daging buah naga yang mengandung protein, dapat menjadikan badanmu sehat dan bugar.

5. Meningkatkan nafsu makan

Buah naga mengandung vitamin B1 dan B2 yang akan meningkat nafsu makan. Manfaat jika rutin mengkonsumsi buah naga terutama bagi anak-anak yang biasanya susah makan. Memang bertolak belakang dengan manfaat buah naga untuk diet, namun bagi kamu yang diet, cukup dengan mengganti makanan sehari-hari dengan buah naga yang bisa mengenyangkan perut tanpa kuatir tubuh akan gemuk.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah naga juga berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena buah naga banyak mengandung nutrisi dan gizi. Manfaat bila rutin mengkonsumsi buah naga, akan mempercepat proses penyembuhan luka luar maupun luka dalam.

7. Mampu mencegah tekanan darah tinggi dan serangan jantung

Lycopene berfungsi sebagai pencegah kanker dan juga berfungsi untuk menurunkan tekanan darah juga mampu untuk mencegah penyakit jantung, seperti serangan jantung yang mendadak. Sebab biji buah naga kaya akan kandungan lemak omega 3 dan omega 6 yang bisa membantu untuk meringankan gangguan kardiovaskular.

8. Mampu mencegah diabetes

Sifat antioksidan dari buah naga juga berfungsi untuk mencegah terjadinya diabetes melitus, karena mampu membasmi sel-sel jahat yang biasanya dihasilkan oleh pola hidup dan pola makan yang tidak sehat. Karena kadar gulanya yang rendah, Buah naga aman dikonsumsi penderita diabetes .

9. Mampu mencegah kanker

Mirip dengan buah-buahan berwarna merah lainnya, buah naga mengandung lycopene. Lycopene, yang berfungsi sebagai penyedia warna merah pada buah naga, terbukti dapat memperkecil risiko kanker prostat.

Buah naga juga kaya akan kandungan antioksidan hytoalbumin yang berguna membantu pembentukan radikal bebas karsinogenik dalam tubuh. Buah ini juga kaya akan serat, kalsium, fosfor, dan vitamin C dan B2, yang mampu membantu untuk mengeluarkan racun logam dari tubuh yang beberapa di antaranya dapat menyebabkan kanker.

10. Membantu proses detoksifikasi

Buah naga yang merupakan sumber antioksidan, mampu mengurangi radikal bebas dalam tubuh sehingga proses detoksifikasi atau pengeluaran racun dalam tubuh akan berjalan dengan lancar.

11. Camilan sehat bagi kamu yang sedang berdiet

Bagi kamu yang sedang melakukan diet baik untuk menurunkan berat badan ataupun untuk mempertahankan berat badan ideal, menggunakan manfaat buah naga untuk diet adalah pilihan yang tepat. Dengan mengkonsumsi buah naga secara teratur akan mengenyangkan perut tanpa kuatir akan tubuh yang melar.

12. Membantu mengurangi berat badan

Mengkonsumsi buah naga, makanan yang kaya akan serat serta rendah kalori ini akan membuat perut merasa kenyang tanpa ada rasa kuatir akan bertambahnya berat badan. Selan itu buah naga juga akan melancarkan pencernaan karena mengandung banyak air.

 

Manfaat buah naga untuk ibu hamil :

1. Menjaga kestabilan tekanan darah dan gula darah

Ibu hamil bisa mengkonsumsi buah naga untuk menjaga kestabilan tekanan darah dan gula darah sehingga dapat menghindari komplikasi kehamilan. Sebab tekanan darah dan gula darah yang tinggi selama kehamilan dapat menyebabkan ibu hamil akan mengalami preeklamsia, yang akan membahayakan keselamatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

2. Mampu mencegah dan mengatasi kurang darah (anemia)

Buah naga kaya akan zat besi yang berfungsi sebagai penyusun utama sel darah merah. Manfaatnya bisa mencegah dan mengatasi kurang darah atau anemia. Jika kamu mengkonsumsi buah naga, maka dapat mencegah anemia.

3. Mampu meningkatkan imunitas (kekebalan tubuh)

Vitamin C yang terdapat pada Buah naga, berfungsi untuk meningkatkan kekebalan atau daya tahan tubuh. Ibu hamil yang mengkonsumsi buah ini akan dapat mencegah serangan dari berbagai macam penyakit.

4. Menambah tenaga dan kekuatan

Bagi Ibu yang sedang hamil membutuhkan lebih banyak energi untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Karena sang ibu harus berbagi nutrisi dengan janin yang dikandungnya. Buah naga sangat berguna untuk ibu hamil sebab, dalam 100 gram buah naga mengandung sekitar 9 - 14 gram karbohidrat yang berfungsi sebagai suplemen energi yang alami. Dengan mengonsumsi buah naga Ibu hamil akan mendapatkan tambahan tenaga dan kekuatan.

5. Mencegah keguguran dan kelahiran prematur

Buah naga mengandung asam folat yang berfungsi untuk memperkuat janin, serta mencegah keguguran dan kelahiran prematur.

6. Memperkuat tulang dan gigi

Buah naga juga memiliki kandungan mineral-mineral, yaitu kalsium, magnesium, dan fosfor yang bermanfaat untuk memperkuat tulang dan gigi. ibu hamil yang mengkonsumsi buah ini akan membuat janin yang dikandungnya memiliki tulang yang kuat dan mencegah pengeroposan tulang.

7. Memperbaiki pencernaan

Manfaat buah naga untuk ibu hamil yang lain adalah untuk memperbaiki pencernaan. Karena pengaruh hormonal dan desakan janin dalam perutnya, ibu hamil mudah mengalami sembelit atau susah buang air besar. Karena buah naga adalah buah yang kaya akan serat, maka akan berguna untuk melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan usus.

8. Membantu perkembangan dan pertumbuhan janin

Satu lagi manfaat buah naga untuk ibu hamil yang juga amat penting adalah membantu perkembangan janin. Maka bayi dapat lahir dalam keadaan normal dan sehat.

Apalagi yang kamu tunggu Ladies, yuk segera konsumsi buah ini secara teratur ya.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading