Sukses

Beauty

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat dan Secara Alami

Bagi sebagian orang menurunkan berat badan itu adalah hal yang mudah, tapi ada juga yang merasa bahwa menurunkan berat badan itu adalah hal yang sulit. Karena merasa begitu susahnya menurunkan berat badan, banyak orang yang akhirnya menyerah untuk melakukan hal tersebut. Tapi menyerah bukanlah solusi yang tepat. Ada Banyak cara menurunkan berat badan secara alami yang mudah, sederhana, tanpa perlu merasa stres dan biaya yang mahal. Syaratnya adalah melakukannya dengan konsisten dan penuh komitmen.

Kita perlu Menurunkan berat badan agar kita memiliki berat badan yang ideal. Perlu dicatat bahwa bentuk tubuh ideal tidak selalu sama dengan berat badan yang ideal. Bentuk tubuh adalah anggapan yang subjektif, sedangkan berat badan adalah hal yang objektif. Mungkin kamu beranggapan bahwa bentuk tubuh tidak ideal? Tunggu dulu, mungkin menurut kamu tubuh bentuk tubuh kamu tidak ideal, tapi ukuran berat badan kamu bisa saja ideal.

Untuk memiliki berat badan ideal tanpa harus melalui cara medis yaitu: pergi ke dokter, sedot lemak, minum pil pelangsing, Anda bisa mencoba cara menurunkan berat badan secara alami. Berikut di bawah adalah cara menurunkan berat badan secara alami.

Menurunkan berat badan dengan diet/copyright Shutterstock.com

Cara menurunkan berat badan secara alami dengan melakukan diet

Cara menurunkan berat badan sama dengan kata diet. Memang benar, untuk menurunkan berat badan kita mesti melakukan proses diet. Tapi diet yang dimaksud di sini tidak melulu soal diet ekstrem yang tidak boleh makan sama sekali, agar berat badan cepat turun. Diet yang ekstrem dengan perubahan pola makan yang drastis bahkan sampai tidak makan sama sekali, akan berisiko terkena gangguan kesehatan pula. Walaupun telah berusaha keras, diet yang tidak sehat juga tidak akan membuat perubahan yang signifikan. Cobalah menerapkan gaya hidup sehat untuk menjaga kestabilan berat badan ideal dalam jangka waktu yang panjang.

1. Menentukan TargetKamu harus menetapkan target yang realistis sebelum diet dan selama diet berlangsung. Jangan terlalu terobsesi untuk menurunkan berat badan secara cepat. Target 1 kilogram seminggu sudah cukup. Ingat untuk menetapkan juga target-target kecil seperti, tidak makan gorengan, tidak makan makanan fast food (junk food), dan sebagainya.

2. Berpikiran optimisKamu juga harus mengontrol pikiran kamu untuk menguruskan badan, selain menentukan target. Berpikirlah positif dan optimis bahwa akan bisa menjadi kurus. Jangan membayangkan makanan-makanan penggagal diet selama diet berlangsung.

3. Aktif bergerakJika kamu termasuk orang yang malas bergerak, sebaiknya ubahlah kebiasaan itu. Malas bergerak, menyebabkan tidak adanya energi yang dikeluarkan dari tubuh. Cara untuk aktif bergerak sebenarnya mudah sekali.

Misalnya berjalan kaki. Bila kamu terbiasa ke mana-mana menggunakan kendaraan bermotor, gantilah bepergian dengan berjalan kaki. Jangan hanya duduk diam di depan komputer. Coba Mulailah melakukan hal-hal yang sederhana, seperti memarkir mobil lebih jauh dari tempat tujuan. Sehingga mau tidak mau kamu harus berjalan kaki, sehingga tidak menggunakan lift atau eskalator.

4. Konsumsi makanan kaya seratJenis-jenis makanan yang mengandung banyak serat adalah pepaya, brokoli, kubis, pir, jagung,kacang polong, alpukat, pisang, dan beras merah.

Manfaat makanan kaya serat antara lain :Memperlambat penyerapan glukosaMenurunkan kolesterol tinggiMembantu menurunkan berat badanMengendalikan gula darahMenghindarkan endapan lemak pada pembuluh darahMembersihkan saluran pencernaanMelindungi tubuh dari penyakit usus besarMembantu proses detoksifikasi dalam tubuh

5. Perbanyak frekuensi makan, kurangi porsi makanKebanyakan orang mengira bahwa dengan mengurangi frekuensi makan besar dalam sehari akan membantu mengurangi berat badan. Tapi nyatanya, anggapan ini salah. Orang makan dengan porsi besar meski hanya sekali malah akan menambah masalah baru. Cukup dengan cara mengurangi porsi makan kamu, seperti makan 3 sendok makan nasi dan lauknya namun tetap pada frekuensi yang sama atau lebih sering. Jadi tetaplah dengan makan 3 kali sehari namun dengan porsi kecil.

6. Hindari makan lebih dari jam 6 soreSarapan membutuhkan porsi makan yang lebih banyak sebagai asupan energi kita selama seharian penuh, begitu pula dengan makan siang. Maka porsi makan siang harus lebih sedikit daripada sarapan. Begitu juga dengan makan malam. Karena pada malam hari, sudah tidak ada aktivitas lagi, Anda tidak perlu mengonsumsi makanan berat lagi. Nasi bisa diganti dengan sebuah apel. Atau jika memang ingin makan malam, jangan langsung pergi tidur setelah makan.

7. Minum air jeruk nipis di pagi hariBanyak manfaat pada jeruk nipis yang memiliki nilai positif bagi kesehatan. Bila kamu meminum segelas air jeruk nipis hangat selama masa diet, akan mampu untuk membantu menurunkan berat badan lebih cepat.

Jeruk nipis yang kaya akan vitamin C ini berfungsi untuk menyerap kalsium dalam sel-sel lemak, sehingga akan menurunkan berat badan.

8. Hindari snack dengan kandungan gula tinggiJangan mengonsumsi makanan dengan kandungan gula yang tinggi. Bacalah tabel gizi yang tertera pada setiap kemasan snack yang hendak kamu makan atau minum.

Jika mengonsumsi secara berlebihan makanan yang mengandung gula, akan rentan dengan risiko seperti diabetes, kolesterol tinggi, kecanduan makanan manis, obesitas, gigi berlubang dan penyakit lainnya. Jangan pula minum minuman yang bersoda karena minuman bersoda mengandung kadar gula yang sangat tinggi.

9. Perbanyak minum air mineralAir mineral penting dan bermanfaat bagi tubuh kamu. Banyak minum Air mineral akan membantu metabolisme tubuh, meningkatkan kinerja ginjal, membantu untuk membuang racun yang ada dalam tubuh, menjadikan kulit menjadi lembut dan cerah, dan membantu meningkatkan kinerja otak. Di samping manfaat-manfaat tersebut, air mineral juga dapat menurunkan berat badan. Sebelum makan minumlah satu gelas air mineral, sehingga kamu merasa kenyang, akibatnya porsi makan akan berkurang.

Meskipun Diet alami dan sehat tidak terlalu keras dan menyiksa, Namun tetap saja membutuhkan komitmen yang tinggi agar berat badan dapat turun secara berkala dan memiliki efek jangka lama.

Menurunkan berat badan dengan olahraga/copyright Shutterstock.com

Cara menurunkan berat badan secara alami dengan berolahraga

Bagi kebanyakan dari kamu segan dan malas berolahraga, jangan terburu menyerah dulu. Tidak harus melakukan melakukan olahraga yang berat dan menyiksa. Sebenarnya ada banyak latihan-latihan yang tidak terlalu menguras tenaga, yang gunanya untuk menurunkan berat badan.

Bagi laki-laki maupun perempuan dengan melakukan olahraga merupakan salah satu cara yang terbukti ampuh sebagai cara menurunkan berat badan secara alami dengan cepat dan praktis.

1. Sit-up dan push-upLatihan yang mudah lainnya adalah sit-up dan push-up. Tentu saja kamu harus melakukannya secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal. Lakukanlah 10 kali sit-up dan 10 kali push-up. Tambahkan intensitas latihan setiap harinya. Karena hal ini akan membantu kamu untuk menurunkan berat badan dalam waktu yang singkat. Dengan melakukan sit-up dan push-up di pagi hari, dapat membantu untuk mengontrol nafsu makan karena latihan ini menimbulkan efek mudah kenyang.

2. YogaYoga adalah olahraga yang memfokuskan pada kekuatan, kelenturan, dan pernapasan. Menurut penelitian di India, yoga bisa membantu menghilangkan gas yang berlebihan di perut, sehingga bisa melancarkan pencernaan dan menghilangkan lemak di perut.

Yoga juga melatih serta menyelaraskan tubuh dan pikiran agar lebih rileks yang akan memacu tubuh untuk mengeluarkan hormon yang bisa membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh secara efektif. Cobalah untuk Mulai berlatih yoga selama 10-20 menit setiap hari agar tubuh Anda dapat melakukan sistem metabolisme dengan maksimal.

3. CardioCardio adalah salah satu jenis latihan yang melibatkan hampir semua anggota tubuh. Yaitu berlari, bersepeda, berenang, dan lainnya. Dengan melakukan cardio, kita akan melatih semua otot-otot di tubuh mulai dari otot betis, otot paha, otot punggung, otot perut, lengan dan pundak.

Menurunkan berat badan secara tradisional/copyright Shutterstock.com

Cara menurunkan berat badan secara alami dengan cara tradisional

Bagi kamu yang tidak mempunyai cukup waktu untuk berolahraga atau merasa lelah setelah bekerja, kamu dapat mencoba cara menurunkan berat badan secara alami dengan menggunakan ramuan tradisional yang telah terbukti keampuhan khasiatnya.

Indonesia adalah negara yang kaya akan beragam tanaman herbal yang telah dimanfaatkan secara turun temurun oleh nenek moyang kita. Tanaman herbal atau pun jamu kini pun telah banyak dijual dalam kemasan siap saji dan juga telah digunakan pada industri obat.

Sebaiknya kamu mencoba cara menurunkan berat badan secara alami dan tradisional. Selain lebih aman dan tanpa efek samping, harganya pun terjangkau.

1. Madu dan JaheMadu telah dikenal memiliki banyak khasiat untuk mencegah dan mengobati beberapa penyakit. Madu juga bisa digunakan sebagai cara menurunkan berat badan yang alami. Dalam Madu terkandung zat yang akan membakar lemak tubuh secara tak langsung yaitu fruktosa. Sedangkan pada jahe, mampu menekan nafsu makan secara alami, sehingga Anda bisa mengurangi asupan makan dengan mudah karena tidak merasa terlalu lapar.

Cara membuatnya pun cukup mudah:

  • 2 sdm madu
  • 2 sdm perasan jahe
  • Campur keduanya dalam gelas dan seduh dengan air panas.
  • Minumlah 2 kali sehari.

2. Teh Jeruk NipisSelain menggunakan teh hijau, kamu juga bisa menggunakan teh biasa yang dicampur dengan air perasan jeruk nipis.

Caranya:Siapkan sekantung teh atau 3 sendok teh1 buah jeruk nipisSegelas air panasSeduh teh dan campurkan perasan jeruk nipis ke dalamnya.Konsumsilah secara rutin.

3. Teh HijauSalah satu cara menurunkan berat badan secara alami dan tradisional adalah dengan meminum teh hijau. Teh hijau terkenal akan banyak khasiatnya. Sejak dulu teh hijau diyakini bisa untuk digunakan sebagai cara untuk menurunkan berat badan yang efektif. Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, minumlah teh hijau dengan teratur sebelum Anda makan.

Simak juga: 12 Cara Menurunkan Berat Badan secara Alami dan Cepat tanpa Olahraga dalam Seminggu

Pastikan pula kamu meminumnya tanpa gula dengan meminumnya sebelum makan, otomatis akan membuat perut kamu terasa lebih kenyang saat makan, dan tentu saja mengurangi porsi makan.Teh Hijau dapat memperlancar metabolisme tubuh, termasuk metabolisme lemak, sehingga akan membantu menghilangkan lemak pada tubuh. Selain itu teh hijau kaya akan anti oksidan yang bermanfaat untuk mencegah kanker dan menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dalam tubuh.

Jangan terlalu cepat menyerah pada saat mencoba untuk menurunkan berat badan. Memang ada cara menurunkan berat badan secara instan. Namun Sebaiknya kamu mencoba dulu cara menurunkan berat badan secara alami agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan nantinya. Semoga bermanfaat.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading