Sukses

Beauty

Cara Menghilangkan Sakit Kepala yang Alami dan Tanpa Obat

Ladies, pernah nggak kamu merasakan sakit kepala yang tak tertahankan? Sebenarnya ada berbagai hal yang bisa memicu sakit kepala seperti telat makan, kurang tidur, atau mengalami stres berat. Bagi sebagian orang mungkin menganggap sakit kepala sebagai penyakit yang tidak serius. Namun sakit kepala tidak bisa dianggap remeh. Karena Sakit kepala akan mengganggu aktivitas kita sebab mengakibatkan susah untuk berkonsentrasi.

Banyak orang yang memilih untuk mengkonsumsi obat sakit kepala sebagai cara menghilangkan rasa sakit kepala dengan cepat dan praktis. Namun Mengkonsumsi obat-obatan secara terus menerus akan memberikan efek samping pada kesehatan karena memasukkan bahan kimia ke dalam tubuh. Aspirin, yang merupakan salah satu obat pereda sakit kepala, bila Anda terus menerus minum obat ini dalam jumlah banyak akan merusak ginjal Anda.

Ada cara alternatif yang aman untuk menghilangkan sakit kepala tanpa menggunakan obat-obatan kimia. Mari kita coba cara menghilangkan sakit kepala secara alami, tradisional, dan tanpa obat. Jadi Anda tidak perlu kuatir akan efek samping yang negatif pada tubuh Anda.

Cara menghilangkan sakit kepala secara alami, tradisional, dan tanpa obat.

1. Mengkonsumsi biji wijen

Biji wijen mengandung banyak vitamin E yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan rasa sakit kepala dengan cepat. Sedangkan kandungan magnesiumnya yang tinggi juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan sakit kepala belakang. Dengan mengKonsumsi biji wijen setiap hari maka sakit kepala Anda akan sembuh.

2. Menghirup uap air hangat yang dicampur minyak kayu putih

Cara menghilangkan sakit kepala yang lainnya adalah dengan menghirup uap air hangat yang dicampur dengan minyak kayu putih. Uap air yang Anda hirup ini dapat membuat rileks pikiran Anda sehingga sakit kepala mereda.

Caranya:
Tuangkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam air panas.
Hirup dalam-dalam uap air hangatnya.

3. Menghirup minyak atau lilin aromaterapi

Menghirup minyak atau lilin aromaterapi adalah cara lain untuk membuat rileks saraf yang tegang sehingga sakit kepala akan hilang. Melakukan hal ini juga akan menenangkan pikiran Anda sehingga membuat pikiran menjadi rileks dan sakit kepala hilang.

4. Minyak kayu putih

Aroma dar minyak kayu putih akan membuat saraf yang tegang menjadi rileks dan juga dapat menenangkan pikiran Anda. Pada kayu putih yang merupakan tanaman herbal mengandung banyak sineol, terpineol, aldehid valerat, dan butirat yang bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan sakit kepala sebelah.

5. Mengkonsumsi kopi secukupnya

Sepertinya terdengar aneh bahwa cara menghilangkan sakit kepala adalah dengan kopi. Hal ini memang sepertinya kontradiksi. Dampak negatifnya, jika kebanyakan minum kopi akan memiliki efek yang buruk bagi kesehatan. Kafein yang ada dalam kopi jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan peningkatan denyut jantung sehingga jantung terasa berdebar-debar, efek negatif terlalu banyak kopi juga membuat sakit kepala dikarenakan pembuluh darah mengalami penyempitan.

Namun di sisi lain, ternyata kandungan kafein pada kopi mampu menenangkan sistem saraf yang tegang karena mengalami sakit kepala. Karena itu cukup meminum 1 gelas kopi untuk menenangkan saraf Anda. Sedangkan bagi Anda yang terlanjur kecanduan kopi, sebaiknya jika asupan kopinya dikurangi.

6. Mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung mint

Telat makan atau karena sakit maag merupakan salah satu penyebab sakit kepala. Sakit kepala yang disebabkan oleh maag tentu berbeda dengan jenis sakit kepala lainnya. Jika salah mengkonsumsi obat, malahan sakit maag anda semakin akut. Cara menghilangkan sakit kepala yang tepat karena disebabkan oleh sakit maag adalah dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung mint. Konsumsilah permen mint, minum teh mint, dan lainnya.

7. Mengkonsumsi pisang

Pisang mengandung senyawa potasium dan magnesium yang tinggi. Senyawa tersebut dapat menghilangkan sakit kepala yang berkepanjangan. Untuk menggunakan pisang sebagai cara menghilangkan sakit kepala berkepanjangan, konsumsilah secara rutin, minimal 3 buah pisang setiap hari .

8. Mengkonsumsi kentang

Kentang memiliki kandungan kalium yang penting bagi tubuh. Sakit kepala juga bisa terjadi karena tubuh Anda sedang kekurangan kalium. Cara untuk menghilangkan sakit kepala, konsumsilah kentang rebus. Cukup kentang rebus saja, bukan jenis olahan kentang yang lain seperti kentang goreng.

9. Menggunakan es batu

Es batu yang terasa sangat dingin ini dapat digunakan sebagai cara menghilangkan sakit kepala sebelah yang mujarab. Sensasi rasa dinginnya akan membuat otot menjadi rileks sehingga menyebabkan sakit kepala hilang dengan sendirinya.

Caranya :
Bungkus bongkahan es batu dengan kain.
Lalu usap-usapkan pada bagian kepala yang terasa sakit.
Es batu juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan sakit kepala belakang.

10. Memperbanyak minum air mineral

Kadangkala sakit kepala merupakan alarm atau peringatan tubuh bahwa aliran darah dan oksigen menuju otak mengalami gangguan sehingga otak kekurangan oksigen dan darah. Sebab itu saat Anda mengalami sakit kepala, cara menghilangkan sakit kepala yang perlu Anda lakukan adalah dengan banyak minum air mineral agar Anda tidak mengalami dehidrasi yang menyebabkan tubuh kekurangan cairan sehingga Anda mengalami sakit kepala.

Demikianlah cara menghilangkan sakit kepala yang alami dan tanpa obat. Tapi kalau sakitnya masih berlanjut, segera hubungi dokter ya. Semoga bermanfaat.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading