Sukses

Beauty

Cara Melancarkan Haid yang Telat Secara Alami dan Cepat

Para perempuan mulai dari akil balik hingga umur 40an-50an pasti akan mengalami dan merasakan haid. Atau bisa juga disebut datang bulan, menstruasi, tamu bulanan. Kondisi tersebut merupakan keadaan rutin dalam proses perkembangan pada perempuan. Biasanya darah haid keluar selama kira-kira 2-7 hari. Namun kadang-kadang ada juga yang bisa lebih dari itu. Menstruasi ini terjadi setidaknya sekali dalam sebulan.

Pada umumnya siklus haid yang normal adalah 28-35 hari. Tapi kenyataannya hal ini tidak terjadi pada semua perempuan. Ada perempuan yang mengalami haid tidak lancar. Bahkan, kadang tidak rutin sekali dalam sebulan. Ada yang bisa mengalami haid sekali dalam dua bulan atau tiga bulan. Haid yang datang terlambat atau tidak teratur ini tidak selalu berarti bahwa perempuan tersebut mengalami kehamilan.

Ada berbagai macam penyebab atau alasan mengapa perempuan mengalami haid yang tidak teratur. Misalnya: stress yang berkepanjangan, efek samping dari obat-obatan, dan masih banyak lagi. Untuk lengkapnya mari kita simak di bawah ini.

Penyebab haid tidak lancar:

1. Hormon tidak seimbang

Ketidakstabilan atau tidak seimbangnya hormon juga dapat menjadi penyebab haid tidak lancar. Hal ini disebabkan karena haid merupakan hasil kerjasama antara otak, kandung telur, kelenjar di otak, serta kelenjar tiroid. Jadwal haid akan terganggu, bila salah satu komponen di atas bermasalah.

Untuk mengatasi ketidaklancaran haid ini, ada cara melancarkan haid yang bisa Anda coba agar haid lancar atau kembali lancar. Pengobatan ini berguna bagi Anda yang haidnya terlambat 2 bulan hingga 4 bulan atau lebih.

2. Tiroid

Karena adanya gangguan pada kelenjar tiroid Anda bisa juga menyebabkan haid menjadi tidak lancar. Kelenjar tiroid terdapat pada leher, tugasnya mengatur metabolisme tubuh Anda. Kelenjar ini penting karena juga berinteraksi dengan banyak sistem tubuh yang lain agar bisa berjalan dengan semestinya. Namun, ketika terjadi ketidakseimbangan pada kelenjar tiroid ini, akan dapat mempengaruhi jadwal haid Anda.

3. Penurunan berat badan yang drastis

Apakah Anda sedang menjalani program diet atau menurunkan berat badan dengan drastis? Hal ini bisa mempengaruhi jadwal haid anda. Berhati-hatilah, karena anda bisa saja terkena anoreksia atau bulimia.

4. Penyakit

Adanya penyakit seperti jamur pada vagina, bisa saja akan menyebabkan haid menjadi tidak lancar dan tidak teratur. Dan akibat dari jarang mengalami haid bisa akan mengakibatkan tumor.

5. Stres

Pada otak terdapat hypothalamus, bagian yang sangat mudah terpengaruh oles stress. Hypothalamus adalah hormon yang mengatur periode haid. Oleh karena itu pada saat Anda mengalami stres maka tentu saja hal itu akan memberikan pengaruh pada kelancaran haid Anda.

Untuk melancarkan haid, ada beberapa cara alami yang bisa dicoba./Copyright shutterstock.com

Cara melancarkan haid

1. Jus wortel

Sayuran wortel memang sudah terkenal akan manfaat dan khasiatnya yang baik bagi kesehatan tubuh. Memiliki kandungan vitamin A yang tinggi juga vitamin C, kalsium, dan besi akan membantu tubuh agar hormon-hormon dalam tubuh tidak mengalami gangguan. Jika rutin meminum jus wortel dengan sedikit gula sedikit ataupun tanpa gula bisa Anda gunakan sebagai cara melancarkan haid yang efektif.

2. Daun pepaya

Daun pepaya, memiliki rasa yang pahit dan sebagian orang tidak suka karena rasa itu. Namun ternyata daun ini memiliki banyak manfaat dan kandungan yang baik bagi kesehatan tubuh. Daun pepaya mengandung banyak vitamin seperti A, B, C, D, dan E serta kalsium.

Cara melancarkan haid dengan daun pepaya adalah:
1. Ambil secukupnya daun pepaya, lalu rebus.
2. Tambahkan asam jawa dan garam dengan dua gelas air mineral.
3. Rebus hingga airnya berkurang menjadi tinggal satu gelas saja.
4. Minumlah ramuan tersebut.
5. Ramuan daun pepaya juga bisa digunakan sebagai cara mengurangi nyeri haid

3. Air kelapa hijau

Anda dapat memanfaatkan air kelapa hijau yang mengandung senyawa laurat, yang kegunaannya mampu membantu melawan berbagai macam penyakit. Senyawa laurat ini berfungsi sebagai anti-bakteri, anti-jamur, dan anti-virus. Juga mengandung banyak gizi yang dibutuhkan oleh tubuh Anda sehingga akan membantu untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh. Tentunya pilihan yang tepat jika Anda memakai air kelapa muda untuk dijadikan sebagai cara melancarkan haid.

4. Kunyit

Kunyit seringkali digunakan untuk bumbu dapur, namun seringkali juga kita temui bahwa jamu tradisional banyak yang memanfaatkan kunyit. Kunyit mengandung senyawa yang berkhasiat sebagai obat yaitu kurkumin. Senyawa ini berguna sebagai zat anti-inflamasi dan anti-oksidan. Cara melancarkan haid dengan kunyit adalah dengan meminum jamu yang menggunakan racikan kunyit. Minumlah jamu ini secara rutin untuk memperlancar haid.

5. Jahe

Jahe memiliki banyak kandungan zat dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungannya antara lain adalah minyak atsiri, vitamin A, B2, B2, C, karbohidrat, serat, lemak, kalsium, zat besi, sodium, fosfor, dan niasin. Anda juga bisa memanfaatkan jahe sebagai cara melancarkan haid secara alami. Untuk memperlancar haid Anda, Cobalah rutin meminum air seduhan jahe dengan madu setiap hari .

6. Gaya hidup sehat

Cara melancarkan haid selanjutnya adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat berkaitan dengan makanan yang sehat serta rutin berolahraga. Namun Anda juga perlu mengurangi atau bahkan menghilangkan kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok, minum minuman beralkohol, minum kopi berlebihan, dan begadang. Kebiasaan-kebiasaan tersebut terbukti memang dapat mengganggu jadwal haid pada perempuan.

7. Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi

Agar asupan gizi pada tubuh Anda bisa terpenuhi sehingga produksi hormon lancar dan tidak terganggu, Anda harus mulai membiasakan diri dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan kaya akan gizi. Supaya sistem metabolisme dalam tubuh akan berfungsi dengan baik dan proses haid pun bisa lancar.

8. Istirahat teratur

Bila Anda mendapatkan istirahat yang cukup, hormon kortisol dapat terproduksi dengan baik sehingga jika Anda mengalami stres, dapat teredam dan tidak akan mempengaruhi hypothalamus yang merupakan hormon yang mengatur periode haid.

9. Rajin berolahraga

Rutin berolahraga terbukti mampu menjaga kesehatan tubuh. Anda tidak harus melakukan olahraga yang susah dan terlalu berat. Cukup dengan melakukan latihan badan yang mudah dan ringan seperti jogging, jalan kaki, bersepeda. Latihan tersebut akan memperlancar aliran darah, sehingga haid pun lancar.

10. Rajin minum air mineral

Rajin dan teratur meminum air mineral merupakan cara melancarkan haid yang mudah. Air mineral penting untuk menyeimbangkan metabolisme dalam tubuh. Jika sistem metabolisme dalam tubuh lancar, maka haid akan turut menjadi lancar pula.

Kalau sudah mencoba beberapa cara di atas tapi belum ada hasil atau perubahan yang signifikan, ada baiknya untuk segera menghubungi dokter untuk mendapat penanganan yang tepat ya ladies. Semoga infonya bermanfaat!

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading