Sukses

Health

8 Cara Merebus Daun Sirsak untuk Obati Berbagai Macam Penyakit

Siapa yang tak tahu buah sirsak ladies? Rasa buah sirsak manis dan asam, sedangkan dagingnya kaya akan serat. Setiap 100 gr daging sirsak yang dikonsumsi mengandung 3,3 gr serat yang dapat memenuhi 13 persen kebutuhan serat per hari. Selain mengandung banyak serat, juga mengandung banyak karbohidrat (terutama fruktosa, vitamin C, B1, dan B2)

Selain daging buahnya yang mengandung banyak gizi, bagian daunnya pun mengandung senyawa yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Daun sirsak merupakan bagian yang paling bermanfaat bagi kesehatan. Daun sirsak menjadi populer ketika sebuah penelitian menyatakan bahwa di dalam daun sirsak terdapat senyawa yang mampu untuk mengobati kanker.

Salah satu kandungan dalam daun sirsak yang bermanfaat bagi kesehatan adalah acetogenin. Acetogenin adalah kumpulan senyawa aktif yang memiliki aktivitas sitotoksik (membunuh racun) di dalam tubuh dengan cara menghambat transport ATP (adenosina trifosfat) atau energi yang dibutuhkan sel kanker untuk berkembang. Acetogenin masuk dan menempel di reseptor dinding sel dan merusak ATP di dinding mitokondria.

 

 

Manfaat Daun Sirsak

1. Menghilangkan kutu

Daun sirsak bisa bermanfaat bagi kesehatan manusia, namun ternyata bisa sangat beracun bagi serangga atau parasit. Karena itulah daun sirsak dapat digunakan untuk menghambat dan membasmi kutu dan ketombe.

Caranya: Rebuslah secukupnya daun sirsak. Lalu gunakanlah hasil air rebusan daun untuk mencuci rambut.

2. Meningkatkan kesuburan

Daun sirsak terbukti juga dapat meningkatkan produksi jumlah sperma pada pria, sedangkan pada wanita dipercaya dapat memperkuat rahim.

3. Mengobati penyakit paru-paru

Berfungsi sebagai anti-bakteri, daun sirsak juga dapat digunakan sebagai obat untuk mengobati penyakit paru-paru, baik paru-paru basah maupun kering.

4. Mengobati diabetes

Penelitian telah membuktikan bahwa senyawa yang ada pada daun sirsak dapat menstabilkan jumlah kadar gula darah pada tubuh manusia dan menjadikannya normal. Karena daun sirsak mengandung banyak antioksidan yang di dalamnya terdapat senyawa polifenol, saponin, dan bioflavonoid. Faedah dari antioksidan adalah untuk melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas dan bahaya penyakit yang mengintai tubuh setiap saat.

5. Mengobati kolesterol

Khususnya bagi kamu yang mempunyai kolesterol tinggi, juga bisa mengatasi atau mengobatinya dengan menggunakan daun sirsak. Untuk merasakan manfaat daun sirsak untuk kolesterol, kamu hanya perlu meminum air rebusan daun sirsak.

Caranya: Rebus 10 lembar daun sirsak, pilihlah yang agak tua, dengan 3 gelas air mineral. Rebus hingga air hanya tersisa 1/2 nya saja. Bisa diminum dalam keadaan hangat atau dingin. Minumlah setiap pagi agar manfaat daun sirsak cepat dirasakan.

6. Mengobati kista ovarium

Kondisi ini biasanya dialami oleh wanita. Kista ovarium atau tumor jinak yang muncul pada ovarium. Jika tidak segera diobati, kista dapat berkembang sebagai kanker. Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan manfaat daun sirsak untuk kista ovarium. Untuk merasakan manfaat daun sirsak untuk kista ovarium, kamu hanya perlu meminum air rebusan daun sirsak.

Caranya: Rebus 10 lembar daun sirsak yang baru saja dipetik dengan 3 gelas air mineral. Rebus hingga air hanya tersisa 1/2 nya saja. Bisa diminum dalam keadaan hangat atau dingin. Minum setiap pagi agar manfaat daun sirsak cepat dirasakan.

7. Mengobati asam urat

Selain bisa untuk mengobati kanker, daun sirsak juga dapat digunakan untuk mengobati asam urat. Mirip dengan cara kerja mengobati sel kanker, kandungan pada daun sirsak seperti: acetogenin, annocatalin, asam gentisic, annomuricin, caclourin, dan asam linoleat pun dapat dimanfaatkan untuk mengobati asam urat. Untuk merasakan manfaat daun sirsak untuk asam urat, hanya perlu meminum air rebusan daun sirsak.

Caranya: Rebus 10 lembar daun sirsak (pilih yang agak tua) dengan 3 gelas air mineral. Rebuslah hingga air hanya tersisa 1/2 nya saja. Bisa diminum dalam keadaan hangat atau dingin. Minum dengan rutin setiap pagi agar manfaat daun sirsak cepat dirasakan.

8. Mengobati kanker

Salah satu manfaat daun sirsak yang utama dan membuat daun sirsak menjadi terkenal adalah kemampuannya untuk mengobati kanker. Daun sirsak dapat menghambat sel kanker lebih cepat dan efektif dibandingkan dengan kemoterapi. Karena acetogenin mampu mengobati dan menyembuhkan pasien yang mengidap kanker. Acetogenin pada sirsak sangat kuat dengan kekuatan melawan sel kanker 10.000 kali lebih kuat dari adriamycin.

Fungsi Acetogenin adalah menghambat pertumbuhan sel kanker sekaligus menghambat perkembangan sel tumor yang resisten terhadap obat kemoterapi adriamycin. Untuk merasakan manfaat daun sirsak untuk kanker, kamu hanya perlu meminum air rebusan daun sirsak.

Caranya: Rebus 10 lembar daun sirsak dengan 3 gelas air mineral. Tunggu hingga airnya hanya tersisa 1/2 nya saja. Bisa diminum dalam keadaan hangat atau dingin. Minum setiap pagi agar manfaat daun sirsak cepat dirasakan.

Demikianlah cara merebus daun sirsak untuk kolesterol, asam urat, kista, diabetes dan lain-lain. Semoga bermanfaat ya ladies.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading