Sukses

Beauty

Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami Tanpa Harus ke Dokter

Salah satu solusi bagi anda yang enggan ataupun merasa takut pergi ke dokter gigi yaitu lakukanlah cara menghilangkan karang gigi sendiri. Bagaimanakah cara menghilangkan karang gigi tanpa ke dokter? Apakah aman? Sebaiknya perlu Anda tahu dulu apa itu karang gigi? Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara menghilangkan karang gigi tanpa ke dokter gigi.

Karang gigi atau kalkulus gigi adalah plak yang telah mengeras pada gigi. Karang gigi juga bisa terbentuk dari bawah gusi dan bisa menyebabkan iritasi pada gusi. Karang gigi memperluas area bagi plak untuk berkembang dan menyebabkan permukaan menjadi lebih lengket, hal ini akan menyebabkan penyakit gigi yang lebih parah lagi yaitu radang gusi.

Selain merugikan bagi kesehatan, karang gigi juga akan mengurangi rasa percaya diri Anda. Karang gigi akan menyebabkan bau mulut yang tidak sedap dan juga gigi yang menguning. Akan terasa risih dan memalukan jika saat Anda berbicara dengan orang lain harus menutup mulut Anda atau karena bau mulut yang tidak sedap akan membuat orang lain merasa tidak nyaman.

Mungkin Anda pernah mengalami atau sekarang sedang mengalaminya karang gigi? Ingin segera mengatasi masalah ini? Mari kita kenali dulu penyebab timbulnya karang gigi.

 

Penyebab karang gigi

Pada umumnya penyebab munculnya karang gigi karena sisa-sisa dari makanan yang tertinggal lama pada gigi dan tidak segera membersihkannya. Lama-kelamaan sisa makanan yang tidak dibersihkan ini akan menumpuk dan berubah menjadi karang gigi. Air liur yang mengandung mineral akan membantu sisa-sisa makanan tadi jadi mengeras dan karang gigi yang terbentuk pun jadi mengeras atau sedimentasi.

Karang gigi juga bisa menyebabkan penyakit-penyakit gigi yang lainnya bahkan yang berbahaya. Berikut adalah efek dari karang gigi.

 

1. Periodontitis.

Saat radang gusi semakin parah, jaringan lunak dan tulang penyangga gigi akan rusak. Pada fase ini, gigi mungkin juga bisa tanggal. Bahkan, ketika bakteri yang ada pada gusi masuk ke dalam aliran darah akan menyebabkan hal-hal yang lebih serius lagi.

 

2. Radang gusi.

Mulut yang kotor dapat menyebabkan gusi mudah terinfeksi, pada saat gusi terinfeksi dan kemudian berdarah. Akibat terinfeksi maka timbul benjolan bernanah pada gusi.

 

3. Gigi berlubang.

Karang gigi yang tidak segera diobati akan menyebabkan gigi keropos. Penyebabnya karena karang gigi mengeluarkan zat asam yang bisa merusak email gigi. Padahal email gigi adalah bagian yang terkeras dari gigi yang berada di lapisan paling luar gigi. Setelah gigi makin keropos, gigi lalu akan semakin mudah untuk berlubang.

 

4. Bau mulut.

Sisa makanan yang terakumulasi dan menempel pada gigi dalam jangka panjang akan menimbulkan aroma bau mulut yang tidak sedap.

Ternyata akibat yang bisa ditimbulkan oleh karang gigi menakutkan juga. Meskipun sebabnya karena hal yang remeh saja, yaitu jarang membersihkan gigi dan tidak membersihkan gigi secara benar.

Apakah Anda terlanjur tidak membersihkan gigi dengan benar dan sedang mengalami karang gigi? Apakan Anda sudah mencoba berobat ke dokter? Tapi takut? Biaya yang mahal? Memang cara praktis untuk menghilangkan karang gigi agar tidak menyebabkan penyakit yang lebih parah adalah dengan ke dokter. Tapi sebenarnya ada pula alternatif lain yaitu cara ampuh memutihkan gigi dan menghilangkan karang gigi tanpa ke dokter. Ada cara menghilangkan karang gigi secara tradisional, alami, dan cepat dapat dilakukan dengan mudah. Anda bisa menggunakan dan memanfaatkan bahan-bahan alami dan tanpa efek samping yang merugikan bagi tubuh dan tentu hemat biaya.

 

Cara menghilangkan karang gigi secara alami

Cara menghilangkan karang gigi secara alami dengan mengubah atau memperbaiki pola hidup.

Berikut adalah cara agar karang gigi Anda tidak semakin parah :

 

1. Rajin menggosok gigi

Sejak kecil Anda pasti sudah diajarkan dan dianjurkan untuk selalu menyikat gigi sebanyak 2 kali sehari. Namun sebaiknya tidak hanya 2 kali sehari saja, Anda juga dianjurkan untuk menyikat gigi selama 2 menit. Hal ini untuk memastikan bahwa semua gigi Anda telah tersikat dengan benar-benar bersih dan merata.

 

2. Menggunakan pasta gigi dengan fluoride

Gunakanlah pasta gigi yang mengandung fluoride, agar gigi Anda bisa bersih dari sisa makanan secara sempurna. Fluoride mampu mencegah plak agar tidak berkembang. Selain fluoride, Anda bisa menggunakan pasta gigi yang mengandung pyrophosphates, zinc citrate, triclosan. Kandungan-kandungan tersebut mampu untuk menghilangkan noda kekuningan dan plak dengan efektif.

 

3. Flossing

Flossing adalah membersihkan gigi dengan menggunakan benang. Tentunya menggunakan benang khusus untuk gigi. Dengan menggunakan benang, maka plak yang ada di sela-sela gigi akan dapat terjangkau dan bisa dibersihkan dengan lebih mudah dan cepat.

 

4. Menggunakan mouthwash

Cara membersihkan gigi selanjutnya agar lebih efektif dan benar-benar bersih adalah dengan menggunakan mouthwash. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan proteksi tambahan dan cara menghilangkan ekstra setelah menyikat gigi dengan pasta gigi fluoride dan flossing.

 

5. Tidak makan sembarangan

Tidak makan dengan sembarangan adalah Hal yang perlu dilakukan agar tidak memperparah karang gigi atau untuk mencegah karang gigi. Bakteri yang berkembang biak di mulut berasal dari makanan yang masuk ke dalam mulut kita. Terutama saat kita mengonsumsi makanan manis dan bertepung, kita akan semakin memberikan kesempatan bagi bakteri untuk berkembang biak. Karena saat bakteri bertemu dengan makanan manis dan bertepung, mereka akan mengeluarkan zat asam.

 

6. Hindari atau kurangi merokok

Semua orang pasti sudah tahu akan bahaya merokok. zat-zat berbahaya yang ada dalam rokok, Selain dapat memicu penyakit kanker paru-paru yang mematikan, juga dapat menimbulkan karang gigi yang jauh lebih sulit dibersihkan jika dibandingkan dengan karang gigi yang dihasilkan oleh sisa-sisa makanan.

Sekarang Anda telah mengetahui cara menghilangkan karang gigi secara alami dengan mengubah atau memperbaiki pola hidup. Berikut akan kami sajikan pula cara menghilangkan karang gigi secara alami dengan menggunakan bahan-bahan alami.

 

Cara menghilangkan karang gigi secara alami dengan bahan-bahan alami

Ada bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitar Anda sebagai pembersih karang gigi yang alami. Berikut di bawah ini adalah cara menghilangkan karang gigi secara alami dengan bahan-bahan alami :

 

1. Mengonsumsi buah kaya vitamin C

Vitamin C juga baik untuk kesehatan mulut anda, oleh karena itu anda juga bisa menggunakan buah-buahan yang mengandung vitamin C sebagai pasta gigi.

Caranya :

  1. Anda cukup menghancurkan buahnya sampai halus. Misalnya :jeruk, stroberi, lemon.
  2. Lalu celupkan pasta gigi dan sikat gigi Anda seperti biasa selama 2 menit.

 

2. Mengunyah daun sirih

Mungkin Anda pernah melihat nenek,kakek atau orang tua yang sedang mengunyah-ngunyah sesuatu? Sebenarnya yang mereka kunyah adalah daun sirih. Karena Daun sirih berkhasiat untuk membersihkan karang gigi dan menghilangkan bau mulut yang tidak sedap.

Caranya :

  1. Cukup ambil selembar daun sirih, bisa Anda tambahkan 1 batang cengkeh juga.
  2. Haluskan tapi jangan terlalu halus, lalu kunyah campuran di atas.

 

3. Mengonsumsi buah dan sayuran

Buah dan sayur telah diketahui memiliki kandungan yang baik bagi tubuh, demikian pula untuk mulut. Dengan mengunyah buah dan sayur secara rutin, Anda dapat juga menghilangkan karang gigi. Terutama apel, melon, wortel, dan seledri. Selain untuk menghilangkan karang gigi, dengan makan buah dan sayur, bau mulut yang tidak sedap pun dapat berkurang.

 

4. Menggunakan kulit Jeruk

Cara sederhana menghilangkan karang gigi secara tradisional, alami, dan cepat selanjutnya adalah dengan menggunakan kulit jeruk. Jeruk adalah buah yang mengandung banyak vitamin dan nutrisi.

Caranya :

  1. Sebelum Anda menggunakan kulit jeruk, bersihkan dulu kulit jeruknya.
  2. Lalu gosokkan langsung pada gigi.
  3. Gosok sampai merata.
  4. Jangan langsung berkumur, tapi biarkan dulu semalaman.
  5. Esok harinya baru berkumur.
  6. Lakukanlah setiap hari menjelang Anda tidur untuk hasil yang maksimal.

 

5. Cara menghilangkan karang gigi kuning dengan baking soda

Cara menghilangkan karang gigi kuning dengan baking soda adalah dengan membuatnya sebagai pasta gigi. Baking soda mampu menghilangkan dan memutihkan gigi Anda dengan cepat. Dengan menggunakan baking soda juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan karang gigi yang sudah parah dan mengeras.

Caranya :

  1. Ambil 1 sdm baking soda lalu tambahkan sejumput garam dan aduk hingga rata.
  2. Kemudian Anda tinggal mencelupkan sikat gigi yang sebelumnya dibasahi pada campuran ini.
  3. Sikat gigi Anda seperti biasanya selama 2 menit, lalu berkumur dengan air.
  4. Lakukan dengan rutin untuk hasil yang maksimal.

Bila Anda telah mencoba berbagai macam cara menghilangkan karang gigi di atas, namun masih belum juga berhasil. Maka hal terakhir yang perlu Anda lakukan adalah dengan memeriksakan gigi Anda secara rutin ke dokter agar karang gigi tidak muncul lagi. Semoga bermanfaat.

(vem/tew)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading