1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Jangan Tunda Lakukan 5 Kebiasaan Ini untuk Hidup Sehat Walau Tak Lagi Muda

Minggu, 11 Maret 2018 08:32 Penulis: ayu
©shutterstock

Vemale.com - Seiring pertambahan usia, kondisi fisik pun mulai mengalami penurunan. Mulai dari stamina yang mulai menurun, banyaknya penyakit yang mengancam kesehatan, hingga penampilan yang mulai menua. Walau usia tak lagi muda, ada 5 kebiasaan yang jika dilakukan sejak dini akan membuat ladies tetap sehat dan fit.

Olah Sayuran dengan Citarasa Lezat

Tidak semua orang menyukai rasa, tekstur, atau tampilannya yang kurang menarik. Tapi sayuran mengandung nutrisi penting yang bikin tubuh tetap sehat. Plus, konsumsi sayuran kaya serat juga membantu Ladies kenyang lebih lama, sehingga membantu menjaga berat badan ideal.

Jika campuran salad sayur segar tidak menggugah selera makanmu, temukan cara untuk membuat citarasanya semakin menarik. Mulai dari memanggangnya dengan sedikit minyak zaitun, garam, dan merica, atau campurkan dalam smoothie di pagi hari, sehingga Ladies tidak akan dapat merasakannya.

Jadikan Tidur Sebagai Prioritas

Lembur untuk mengejar deadline pekerjaan atau melek hingga tengah malam demi menonton K-drama favoritmu, mungkin sudah jadi kebiasaan Ladies. tapi jangan meremehkan raktu istirahat di malam hari. Selain bikin kulit lebih rentan mengalami penuaan dini, hal ini juga mengganggu upaya penurunan berat badan karena kadar kortisol yang meningkat. Cobalah untuk memiliki tujuh sampai delapan jam tidur malam secara teratur.

Aktif Bergerak

Ketimbang selalu menghabiskan akhir pekan untuk pergi ke bioskop atau duduk-duduk setelah makan malam, coba temukan beberapa kegiatan yang membuatmu lebih aktif bergerak. Pergi mengelilingi kota dengan menaiki sepeda atau menggelar permainan bola yang akan dinikmati sekeluarga bisa jadi pilihan. Bukan hanya membantu menjaga tubuh tetap sehat dan bugar, tapi juga memberikan kesempatan untuk bersenang-senang dengan orang tercinta.

Berjalan Minimal 10 Ribu Langkah Sehari

Jangan fokus pada jumlahnya karena akan membuat Ladies ragu melakukannya. Kunci sebenarnya untuk mendapatkan tubuh bugar seumur hidup adalah dengan memiliki gaya hidup yang lebih aktif dan berjalan lebih banyak.

Tidak harus melakukannya di gym, Ladies bisa berjalan kapan dan ke mana pun kamu bisa. Mulai dari sekadar berbelanja ke minimarket dekat rumah, untuk mengunjungi teman, atau setelah makan malam bersama keluarga.

Mengurangi Stres

Stres bisa menyebabkan segudang masalah, mulai dari penyakit jantung hingga gangguan pencernaan. Temukan cara paling efektif dan ampuh dalam mengelola stres, mulai dari berolahraga, melakukan meditasi, menekuni hobi, dan berlibur. Jangan lupa kelilingi dirimu dengan orang-orang yang akan memberikan dukungan, baik keluarga atau teman-teman dekat.

Walau kita tidak bisa menghindar atau menghentikan pertambahan usia, memiliki kebiasaan sehat dapat membantumu mendapatkan tubuh sehat dan fit seumur hidup. Nurdin Halid salah satu contohnya, di usianya yang menjelang kepala enam, beliau tetap menjalankan berbagai kesibukan sebagai calon Gubernur Sulsel 2018.

©merdeka.com

Selain memiliki pola makan yang seimbang, pria yang sempat menjabat sebagai Ketua PSSI ini juga rutin berolahraga, terutama renang yang jadi kegiatan favoritnya. Begitu juga dengan waktu istirahat yang harus cukup, agar punya tenaga yang cukup saat menyambangi berbagai daerah, untuk menggalang dukungan di Pilkada 2018.

Nurdin yang berpasangan dengan Aziz Qahhar Mudzakkar ini juga punya trik sederhana yang membuatnya tampil awet muda. Selain menghindari stres, beliau juga ikhlas menjalani apa pun dan tidak membawa persoalan ke rumah. Menurut suami Andi Nurbani, mengurus diri sendiri menjadi cerminan akan kemampuan seseorang sebagai pemimpin. Sehat terus Pak Nurdin, untuk mewujudkan niat memimpin Sulawesi Selatan ke era yang baru!

(vem/eth/ayu)
KOMENTAR PEMBACA
TOPIK TERKAIT
  1. Nurdin Halid
Diet Ala Khloe Kardashian, Turun 15 Kg Setelah Melahirkan