1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Menerapkan Hidup Sehat Itu Mudah, Berikut Tips Dokter yang Bisa Dicoba

Jum'at, 09 Maret 2018 18:45 Penulis: Anisha Saktian Putri
Hidup sehat./Copyright Unpopulart

Vemale.com - Satu hingga dua tahun belakangan ini, kesadaran masyarakat menjaga gaya hidup sehat semakin meningkat. Mengonsumsi makanan sehat dan olahraga pun telah menjadi bagian dari kebiasaan hidup sehari-hari.

"Saat ini banyak pasien yang datang ke poli menanyakan bagaimana supaya mereka lebih sehat, makanan sehat. Apalagi penyakit degenaratif, semakin tidak bisa dikendalikan, tidak terasa, lambat laun jadi kronik," ungkap Spesialis Gizi, dr. Diana F. Suganda, M.Kes, SpGK, di acara peluncuran Bango Light, di Jakarta, Kamis (8/3).

Dokter Diana pun menyarankan sebuah langkah pertama yang harus dilakukan saat ingin menerapkan gaya hidup yang sehat, yakni dengan memperhatikan pilihan bahan makanan dan kandungannya tanpa harus mengorbankan kelezatan hidangan yang kita olah.

“Kamu bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah, roti putih dengan roti gandum hingga gula dengan ekstrak daun stevia. Dengan catatan, semua dikonsumsi sesuai kebutuhan tubuh dan tidak berlebihan,” tambahnya.

Selain memperhatikan bahan makanan, untuk mendapatkan pola makan yang sehat, lanjut dia, hal lainnya adalah memperhatikan porsi, jadwal, dan cara mengolah makanan yang tepat. Seperti mengganti cara mengolah masakan yang digoreng dengan yang direbus atau dibakar.

"Kalau semua makanan sudah diperhatikan secara detail, apalagi yang harus dilakukan agar gaya hidup sehat? Yang paling penting adalah aktivitas fisik. Pola makan yang sudah bagus, akan sia-sia kalau tidak mau bergerak, jadi perbanyaklah aktivitas fisik," tambahnya.

Jika tak memiliki waktu untuk berolahraga ke tempat kebugaran, atau menyediakan waktu khusus, kamu bisa menggantinya dengan jalan kaki atau naik tangga. Ini akan efektif menjaga pola hidup yang sehat.

Nah, sekarang gimana? Sudah siap kan untuk membangun kebiasaan sehat yang baru? Semoga tips dan infonya bermanfaat ya.

(vem/asp/nda)
KOMENTAR PEMBACA
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah