1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Meski Sehat, Minum Susu Setiap Hari Ternyata Bisa Bikin Kulit Jerawatan

Sabtu, 10 Maret 2018 09:45 Penulis: Febi Anindyakirana
Akibat minum susu tiap hari/copyright Shutterstock.com

Vemale.com - Susu mungkin menjadi salah satu minuman paling sehat sekaligus minuman paling dihindari saat diet. Karena meski susu punya banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, tapi jika dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkan kegemukan dan efek samping lainnya. Kira-kira apa saja yang akan terjadi pada tubuh jika kamu minum susu setiap hari? Ternyata efeknya ada pada kulit lho.

Ahli nutrisi dan diet menyebutkan bahwa susu terkenal dengan sifat yang bisa meningkatkan inflamasi di dalam tubuh karena mengandung D-galactose, yaitu jenis laktosa yang bisa memicu inflamasi atau pembengkakan.

Salah satu pembengkakan yang terjadi paling umum adalah muncul di kulit berupa jerawat. Ahli nutrisi Michelle Beckner, dalam Health.com menyebutkan bahwa "Minum susu setiap hari bisa meningkatkan inflamasi dan memicu tumbuhnya jerawat."

Sayangnya, bukan hanya jerawat di wajah, tapi di area kulit lain seperti dada, punggung dan lainnya, jika kamu termasuk orang yang sensitif terhadap susu. Mungkin terdengar sepele, namun untuk wanita, siapa yang ingin punya wajah jerawatan?

Ketika minum susu setiap hari, tubuh memang menerima nutrisi penting dari susu, tapi kulit akan menunjukkan efek yang tidak diinginkan. Cara terbaik memang dengan membatasi konsumsi susu. Akan lebih bak jika kamu mengetahui batasanmu sendiri, karena ketahanan diri serta efek susu pada setiap orang bisa berbeda-beda.

Kalaupun ingin minum susu, disarankan untuk minum produk susu olahan seperti susu kedelai atau yogurt yang kadar gulanya lebih rendah dan sifat inflamasinya juga sudah berkurang. Jadi, sekarang kamu tahu penyebabnya ya mengapa masih sering jerawatan? Mungkin kamu sering minum susu, ladies.

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA
Kalau Sukses Tebak Nama Boyband Ini, Kamu Sah Jadi Generasi '90-an