Sukses

Beauty

Berapa Banyak Jumlah Air Putih yang Bisa Diminum Setiap Hari?

Untuk memiliki tubuh yang sehat, pikiran fokus dan lebih semangat, pastikan mengonsumsi air putih cukup setiap harinya. Dilansir dari laman boldsky.com, air putih memiliki segudang manfaat buat kesehatan. Beberapa manfaatnya adalah sebagai sumber energi, melancarkan sistem pencernaan hingga mendetoks atau mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Para ahli menyebutkan bahwa minum air putih akan membantu anggota tubuh secara keseluruhan bekerja dengan baik, menurunkan suhu tubuh yang meningkat bahkan membantu melancarkan program diet.

Dan seperti yang kita tahu, banyak penelitian menyarankan agar kita mengonsumsi air putih sedikitnya sebanyak 8 gelas per hari. Namun, apakah benar jumlah ini yang dibutuhkan tubuh agar senantiasa sehat dan terjaga? Sebenarnya, kebutuhan air minum setiap orang berbeda-beda antara satu dengan lainnya menyesuaikan berat badan serta aktivitas harian yang dilakukan.

Setiap orang memiliki kebutuhan air yang berbeda/copyright pixabay.com

Beberapa orang yang bekerja di luar ruangan dengan aktivitas cukup menguras keringat, bisa saja memerlukan konsumsi air putih lebih banyak dari orang-orang yang bekerja di dalam ruangan dan tidak terlalu banyak mengeluarkan keringat. Orang-orang yang memiliki berat badan berlebih dipastikan juga memiliki kebutuhan air putih yang tidak sama dengan orang yang memiliki berat badan kurang (kurus).

Dr. Michael Mosley, seorang peneliti dari Brit Lab mengungkapkan bahwa kebutuhan air setiap orang berbeda. Pria dan wanita juga memerlukan cairan berbeda. Untuk wanita, disarankan agar konsumsi air putih kurang lebih sebanyak 2 liter setiap harinya. Sedangkan pria, disarankan untuk konsumsi air putih sebanyak 3 liter setiap harinya.

"Cairan yang masuk ke tubuh tidak serta merta berasal dari minuman. Setiap orang memiliki kebutuhan air berbeda. Pada intinya dengarkan tubuhmu. Tubuhmu bisa mengirimkan sinyal dengan jelas seberapa banyak air dibutuhkan. Apakah tubuhmu kelebihan, atau justru kekurangan asupan air. Perhatikan pula seberapa banyak cairan yang ke luar tubuh." Terang Michael.

Ketika tubuh memiliki asupan cairan cukup, ini akan memberi banyak manfaat. Tapi, ketika tubuh memiliki asupan cairan yang berlebihan, ini justru tidak baik buat kesehatan. Konsumsi air putih atau cairan yang berlebih bisa menyebabkan pembengkakan tubuh dan merusak sistem peredaran darah.

Jadi ladies, usahakan agar minum air cukup sesuai dengan kebutuhan tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading