Sukses

Beauty

5 Cara Mengatasi Masalah Hidung Tersumbat, Semuanya Gampang Banget!

Hidung tersumbat karena flu atau sejenisnya bisa sangat tidak nyaman. Belum lagi, ketika masalah hidung tersumbat ini membuat kita kesulitan bernafas, kepala pusing dan jantung berdebar-debar. Tak hanya membuat tidak nyaman, ini juga begitu menjengkelkan dan membuat emosi.

Ketika mengalami masalah hidung tersumbat, jangan langsung merasa jengkel apalagi marah-marah ladies. Dilansir dari laman boldsky.com, ada beberapa cara alami yang bisa dimanfaatkan untuk meredakan atau mengatasinya. Cara alami tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

Mandi Air Hangat
Cara pertama adalah mandi air hangat. Uap air dari air hangat bisa melegakan tenggorokan dan perlahan mengatasi masalah hidung tersumbat. Kalau pun tidak ingin mandi air hangat, menundukkan kepala di atas uap air panas bisa mengatasi masalah hidung tersumbat.

Minum Air Putih Hangat
Perbanyak minum air putih hangat ketika hidung kamu tersumbat. Pastikan untuk menghidrasi tubuh dengan baik agar virus dan bakteri penyebab flu bisa segera diatasi dengan baik. Minum air hangat juga memungkinkan sistem kekebalan dalam tubuh semakin maksimal. Jika kamu tidak suka dengan air putih hangat, kamu bisa mengonsumsi teh herbal hangat.

Konsumsi Makanan Pedas
Cara selanjutnya untuk mengatasi masalah hidung tersumbat adalah mengonsumsi makanan pedas. Makanan pedas bisa melegakan hidung dan membuat lendir di dalamnya keluar secara perlahan dengan tekstur yang lebih cair. Makanan pedas yang panas bahkan dipercaya bisa mengatasi masalah hidung tersumbat ini dengan lebih baik dan cepat.

Konsumsi Sup Ayam
Sejak zaman dulu, sup ayam adalah makanan yang dipercaya bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan mengatasi masalah hidung tersumbat maupun mengobati flu. Nutrisi yang terkandung di dalam sup ayam bermanfaat meredakan sumbatan di hidung hingga membuat kondisi tubuh semakin fit serta terasa lebih enteng. Sup ayam yang dimasak bersama sayuran seperti wortel, daun bawang, daun seledri dan kubis akan memiliki manfaat yang lebih baik lagi.

Berkumur dengan Garam
Cara kelima yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi hidung tersumbat adalah berkumur dengan garam. Larutkan satu sendok garam ke dalam 1 gelas air hangat kemudian gunakan untuk berkumur. Cara ini tak hanya mengatasi masalah hidung tersumbat saja tetapi juga membunuh bakteri serta virus yang ada di mulut maupun gusi.

Ladies, itulah sedikitnya lima cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah hidung tersumbat. Cara yang sangat mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Jika cara di atas belum bisa membantu mengatasi masalah hidung tersumbat, jangan segan untuk memeriksakan diri ke dokter dan minum obat sesuai resep dokter.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading