Sukses

Beauty

6 Makanan yang Bikin Kulit Kering, Kusam dan Cepat Keriput

Beberapa orang punya jenis kulit kering alami sehingga harus dirawat dengan baik untuk menjaga kelembabannya. Tapi terkadang kulit juga bisa menjadi kering karena beberapa hal, bahkan jika sebenarnya kamu punya kulit normal dan sehat. Salah satu penyebabnya adalah makanan. Beberapa makanan bisa menyebabkan kulit kering, ini daftarnya.

1. Keripik
Keripik, kerupuk dan gorengan adalah makanan yang tinggi garam dan bisa menyebabkan dehidrasi sekaligus menyerap air dari kulit. Terlalu banyak garam di tubuh akan membuat cairan di dalam sel-sel tubuh menyusut, itulah mengapa makanan ini bisa membuat kulit kering.

2. Permen
Makanan manis lainnya seperti es krim, kue, dan cokelat juga berpotensi besar menyebabkan kulit kering. Seperti halnya garam, terlalu banyak gula dalam tubuh bisa meningkatkan inflamasi tubuh, tidak terkecuali kulit. Gula akan merusak kolagen dan menyebabkan kulit kering dan menua.

3. Soda
Minuman bersoda tidak hanya bisa membuat tubuh gemuk tapi juga menimbulkan efek kering dan kusam di kulit. Kulit bisa cepat menua dan bahkan memicu tumbuhnya jerawat.

4. Kopi
Kopi mengandung kafein yang sebenarnya bagus untuk kulit, tapi jika terlalu sering justru bisa menyebabkan dehidrasi. Efeknya akan semakin buruk jika kamu minum kopi dalam keadaan perut kosong.

5. Roti tawar
Roti tawar adalah makanan berbahan tepung yang tinggi kadar gula dan karbohidratnya, dan inilah yang membuat roti bisa menaikkan kadar gula darah dan insulin tubuh. Efek berikutnya yang dirasakan adalah merusak kolagen kulit, kulit kering dan menimbulkan keriput.

6. Makanan tinggi vitamin A
Makanan tinggi vitamin A tentu sangat baik untuk tubuh karena membantu keseimbangan tubuh dan metabolisme. Tapi terlalu banyak makan makanan tinggi vitamin A, menurut dermatologis Dr. Elizabeth Tanzi, punya efek negatif membuat kulit kering.

Itu dia sekian makanan yang bisa membuat kulit kering, akan lebih baik jika kamu mengurangi konsumsinya, dan makan secukupnya untuk makanan mengandung vitamin A, apalagi jika jenis kulitmu sendiri sudah kering ya ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading