Sukses

Beauty

Kopi Pakai Gula Merah Lebih Sehat karena Rendah Kalori, Mitos atau Fakta?

Ladies, pernah mencicipi kopi dengan gula merah atau gula aren? Mengganti gula pasir dengan gula merah bisa memberi cita rasa yang berbeda. Bahkan ada yang menganggap kalau gula merah itu lebih sehat daripada gula pasir, hm... benarkah demikian? Nyatanya gula pasir dan gula merah itu memiliki jumlah kalori yang sama, lho.

Ahli nutrisi Jansen Ongko mengatakan kandungan gula merah dan gula pasir tidak jauh berbeda. Sedikit perbedaan hanya pada kandungan mineral. Sementara kalau soal kalori, 100 gram gula merah dan gula pasir sama-sama mengandung sekitar 300-an kalori.

Jadi, perbedaan antara jenis dua gula ini lebih ke rasa saja.

Perbedaannya hanya dari segi rasa./Copyright iStock

"Kenapa orang pakai gula merah? Karena rasanya. Tapi kalau perbandingan indeks glikemik, sebenarnya daya serap ke tubuh sama. So, it's not healthier," kata Jansen saat dihubungi Health-Liputan6.com pada Senin (26/2/2018).

Pria yang juga penikmat kopi tanpa gula ini menyampaikan cita rasa khas dari gula merah itu muncul karena efek dari proses pembuatan. Sehingga ada kandungan molases yang membuat gula yang berwarna cokelat memiliki rasa berbeda dari gula putih.

"Padahal ya sama (kalorinya), yang beda rasa saja," tambah Jansen tentang gula merah dan gula pasir.

Berawal dari nasi merah vs nasi putih

Nasi merah vs nasi putih./Copyright iStock

Anggapan gula merah itu lebih sehat dari gula pasir menurut Jansen karena masyarakat melihat nasi merah dan nasi putih. Nasi merah dianggap sebagai nasinya orang dengan diabetes, yang kemudian dikaitkan bahwa gula merah itu juga baik.

Jansen menerangkan nasi merah dan nasi putih per 100 gram sama-sama 350-400 kalori. Namun, secara indeks glikemik memang nasi merah lebih kaya serat lebih rendah dibanding nasi putih.

"Karena serat itu yang menentukan daya serap. Tapi tidak banyak berbeda bila kamu makan nasi putih ditambahkan sayur, ya efeknya sama," jelas Jansen.

Kemiripan warna yang sama-sama merah kecokelatan membuat masyarakat beranggapan gula merah lebih sehat.

"Jadi ya itulah, kesalahpahaman bahwa gula merah itu lebih sehat, padahal ya sama saja, yang beda rasa saja," jelas Jansen.

Saran takaran gula pada kopi

Perhatikan takarannya./Copyright Liputan6.com/Fery Pradolo

Semua orang memiliki cara minum kopi yang berbeda-beda. Ada yang suka manis, tapi ada yang suka kopi murni.

"Pakai gula atau tidak itu kan selera ya, tapi kalau kamu enggak mau menambahkan asupan kalori, ya dibatasi gulanya," pesan Jansen.

Dalam satu hari, pakar merekomendasikan asupan gula hanya sekitar tiga sendok makan. Setiap satu sendok gula kira-kira 15 kalori.

Sumber: Liputan6.com

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading