Sukses

Beauty

Alasan Sehat Mengapa Sebaiknya Kamu Tidur Setelah Olahraga

Tidur adalah waktu istirahat terbaik untuk tubuh, terutama saat malam hari. Tapi tahukah kamu bahwa tidur juga dibutuhkan di waktu lain selain malam hari? Yaitu di waktu setelah kamu olahraga.

Fitness trainer artis mancanegara Reese Witherspoon, Ashley Borden, mengatakan dalam mindbodygreen.com bahwa pastikan kamu mendapatkan waktu tidur setelah melakukan olahraga. "Aku selalu mengatakan pada klien-ku bahwa sebaiknya mereka tidur setelah olahraga daripada olahraga terus-menerus empat jam lamanya."

"Banyak penelitian menunjukkan bahwa antara 7,5 dan 8 jam tidur setiap malamnya membantu tubuh memperbaiki dirinya sendiri dan menurunkan inflamasi/peradangan di dalam tubuh," ujarnya.

Tidur adalah waktu yang sangat baik untuk menyeimbangkan proses metabolisme tubuh. Kurang tidur akan menyebabkan lebih banyak inflamasi di dalam tubuh dan meningkatkan hormon stres (kortisol). Apalagi setelah olahraga, tubuh pasti lelah dan cenderung akan mengantuk karena penumpukan asam laktat, sehingga menjadi waktu yang tepat untuk tidur.

Tidur bukan hanya membantu menghilangkan asam laktat, tapi juga menjadi waktu pemulihan otot tubuh setelah olahraga. Bukan hanya waktu tidur yang cukup yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan, tapi juga perlu diimbangi dengan mengurangi makan makanan manis dan memperbanyak makan sayuran. "Gula bersifat memicu inflamasi dan meningkatkan kadar kortisol sehingga menyebabkan lemak perut."

Jadi, tidurlah setelah lelah berolahraga dan perbanyak makan sayuran. Tidak perlu memaksakan diri untuk olahraga berjam-jam, cukup 1 jam olahraga dan tidurlah ketika tubuh terlalu lelah setelahnya.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading