1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Mengapa Kemoterapi Menyebabkan Rambut Rontok?

Sabtu, 17 Februari 2018 15:30 Penulis: Ivana Okta Riyani
Copyright: thinkstockphotos.com

Vemale.com - Ladies, kamu pasti sudah sering sekali mendengar istilah kemoterapi. Kemoterapi adalah salah satu pengobatan yang dilakukan oleh para penderita kanker. Sayangnya kemoterapi ini efek sampingnya adalah menyebabkan rambut survivor rontok. Nah, mengapa sih kemoterapi mengakibatkan efek samping ini?

Ladies, cara kerja kemoterapi bisa mengenai sel target, yaitu sel kanker, atau juga sel-sel yang sehat. Kerontokan rambut terjadi karena kemo menargetkan semua sel yang dapat membelah dengan sangat cepat.

Folikel rambut adalah salah satu sel yang sangat cepat berkembang di dalam tubuh. Dalam keadaan normal, folikel rambut akan membelah setiap 23 sampai dengan 72 jam sekali. Namun, dengan adanya efek kemoterapi, folikel-folikel ini akan rusak.

Beberapa minggu setelah kemoterapi selesai, rambut perlahan akan rontok. Saat kemo, kerontokan rambut mungkin akan terjadi secara perlahan bertahap atau dalam jumlah besar pada satu waktu sekaligus

Tingkat kerontokan rambut ternyata tergantung dari obat dan terapi pendukung yang digunakan, dan waktu menjalani terapi.

(vem/ivy)
KOMENTAR PEMBACA
Melewati Batas, Meraih Mimpi - Jonathan Cristie