KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

4 Cara Agar Wanita Tidak Terkena Alzheimer Seiring Bertambahnya Usia

Selasa, 13 Februari 2018 13:15 Penulis: Febi Anindyakirana
Mencegah alzheimer/copyright Shutterstock.com

Vemale.com - Banyak orang masih belum begitu peduli dengan penyakit Alzheimer yang bisa menyerang siapa saja, apalagi wanita. Padahal penyakit yang menyerang otak ini adalah organ vital yang memengaruhi banyak kegiatan sehari-hari. Banyak orang mengira Alzheimer adalah penyakit yang timbul karena bertambahnya umur, padahal Alzheimer adalah penyakit kognitif yang bisa timbul bahkan jika kamu tidak terlalu tua.

Dikutip dari Women's Day, Richard Isaacson, M.D., director Alzheimer's Prevention Clinic di Weill Cornell Medical Center in New York City mengungkapkan bahwa ada sekian hal yang bisa dilakukan wanita untuk mencegah Alzheimer.

1. Aktif bergerak
Olahraga adalah cara sederhana yang bisa dilakukan setiap wanita untuk mencegah Alzheimer, apalagi seiring bertambahnya usia. Aktivitas fisik mampu membersihkan zat yang disebut amiloid, yang diyakini menumpuk dan 'menekan otak' sehingga berkembang menjadi Alzheimer. Sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Neurology menemukan bahwa semakin rajin bergerak, semakin baik otak di masa depan. Entah itu jalan kaki, jogging, zumba, yoga atau nge-dance biasa di rumah sambil mendengarkan musik, bisa menjaga sel otak tetap aktif.

2. Membaca buku dan bermain game
Punya hobi membaca buku dan main game yang mengasah otak ternyata bisa jadi cara pencegahan Alzheimer karena otak terbiasa digunakan untuk berpikir kritis, imajinatif dan bekerja terus sehingga tetap aktif. Tetap menggunakan otak di setiap waktu luang dan dalam keadaan rileks bukan hanya jadi cara melepaskan stres tapi juga menjaga kesehatan otak awet muda.

3. Tidur cukup
Jangan abaikan waktu tidur yang kurang setiap malamnya. Kebiasaan begadang dan kurang tidur bukan hanya menyebabkan suasana hati yang buruk dan menurunnya kinerja organ-organ tubuh, tapi juga perlahan mampu mengembangkan penyakit Alzheimer. Sel-sel otak yang tidak mendapatkan istirahat cukup dan waktu untuk meregenerasi dengan yang baru akan menyebabkan gangguan karena banyak menumpuk racun.

4. Pola makan sehat jaga kesehatan jantung
Menjaga kesehatan jantung ternyata juga bisa berpengaruh positif terhadap kesehatan otak. Mengurangi makanan berkolesterol, daging dan segala makanan olahan dan berlemak yang menyebabkan tekanan darah tinggi ternyata bisa menjauhkan penyakit Alzheimer dari tubuh. Jadi lakukan diet sehat untuk kesehatan jantung karena ternyata itu sekaligus jadi cara menjaga otak.

Alzheimer memang lebih sering menyerang saat usia lanjut, terutama pada wanita. Tapi jangan abaikan dan jaga diri sejak masih muda ya ladies.

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA
Video Skrin.id : Beach trip ke Thailand, ini dia itinerary wajibnya
02:48