1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Berat Badan 90 Kg Turun Jadi 50 Kg, Wanita Ini Punya Cara Sehatnya

Selasa, 13 Februari 2018 14:30 Penulis: Endah Wijayanti
Diet sehat sukses./Copyright straitstimes.com

Vemale.com - Usaha untuk diet dan menurunkan berat badan tak semata-mata untuk mendapatkan tubuh langsing. Lebih dari itu, memiliki berat badan ideal menjadi salah satu cara terbaik agar kesehatan tubuh terjaga.

Sim Hui Churn, tahun 2017 lalu ia berhasil memiliki berat badan 50 kg dari yang sebelumnya 90 kg. Dilansir dari straitstime.com, bekerja sebagai seorang lab supervisor dan jarang melakukan aktivitas fisik ditambah lagi tidak mengontrol pola makannya, dia sempat tak menyadari kalau berat badannya sudah berlebihan. Awalnya ia merasa kesulitan untuk melakukan perubahan gaya hidup yang lebih sehat karena sudah terlalu capek dengan kesibukannya bekerja.

Tahun 2011 sebenarnya ia sempat mengikuti program untuk melangsingkan tubuh. Saat itu dia berhasil menurunkan berat badannya sampai 30 kg tapi berat badannya kembali naik dalam waktu satu tahun. Ia pun menyadari bahwa ia perlu melakukan perubahan yang lebih besar.

Disemangati keluarga dan teman-temannya untuk hidup lebih sehat dan agar terhindar dari penyakit diabetes dan penyakit jantung, ia pun mengikuti sebuah program khusus. Tahun 2013 ia mengikuti Health Promotion Board's (HPB) Lose To Win dan kelas olahraga lainnya.

Dengan rutin mengikuti program baru itu, dalam kurun waktu tiga bulan ia berhasil menurunkan berat badannya sebanyak 20 kg. Hasil itu didapat dengan rutin melakukan olahraga setiap hari. Tapi itu masih permulaan saja.

Sim kemudian tertarik melakukan zumba. Ia pun mengikuti program olahraga zumba selama selama delapan minggu. "Zumba jadi hobiku. Aku merasa telah menjadi contoh bagi yang lain untuk menurunkan berat badan," ujar Sim.

Setelah mengikuti beberapa kelas zumba lainnya, ia pun memutuskan untuk menjadi instruktur penuh waktu pada bulan Februari 2016. Atas keputusannya itu, ia pun mengundurkan diri dari pekerjaannya sebagai lab supervisor. Dia juga berkesempatan berpartisipasi dalam acara National Steps Challenge.

Setelah mencapai berat badan yang lebih ideal, kini fokusnya adalah tetap menjaga berat badannya dan rutin berolahraga. Dari berat badan yang tadinya 90 kg dan kini menjadi 50 kg, usaha wanita yang kini usianya sudah berkepala empat ini memang luar biasa ya. Ternyata dengan cara yang lebih sehat, usaha menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan lebih efektif.

(vem/nda)
KOMENTAR PEMBACA
Halangi Bajaj, Pejalan Kaki Tiduran di Trotoar