1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

5 Fakta Penting yang Wajib Kamu Ketahui Tentang Anemia

Selasa, 13 Februari 2018 11:00 Penulis: Rohmitriasih
copyright thinkstockphotos.com

Vemale.com - Anemia merupakan suatu kondisi di mana tubuh memiliki sel darah merah yang lebih rendah dibandingkan dengan jumlah sel darah putihnya. Umumnya, orang-orang yang berisiko anemia akan mengalami kelelahan hebat, lemah, kurang bersemangat hingga pusing serta mual. Anemia bisa terjadi ketika sel darah merah tidak mengandung cukup hemoglobin (HB).

HB sendiri merupakan protein yang kaya zat besi dan memberi warna merah pada darah. Dilansir dari laman boldsky.com, anemia yang berat atau terjadi secara terus menerus bisa merusak jantung, otak serta organ penting lainnya. Anemia yang tidak terkendali bahkan bisa meningkatkan risiko meninggal dunia.

Dan berikut adalah beberapa fakta penting yang wajib kamu ketahui tentang anemia. Simak baik-baik ya.

Kekurangan Zat Besi Menyebabkan Anemia
Tubuh yang kekurangan zat besi bisa memiliki risiko anemia lebih besar. Para ahli mengungkapkan ketika tubuh tidak memiliki nutrisi berupa zat besi cukup seperti dari bayam, kacang-kacangan dan berbagai jenis daging, ini bisa menyebabkan anemia.

Anak-Anak & Wanita Lebih Berisiko Terhadap Anemia
Dibandingkan dengan pria, anak-anak dan wanita lebih berisik terhadap anemia. Bayi dan balita yang kekurangan zat besi dan asupan nutrisi penting lainnya lebih mudah terserang anemia. Sedangkan untuk wanita, selain kekurangan zat besi, kehilangan darah selama menstruasi atau melahirkan bisa menyebabkan anemia.

Kelelahan Bisa Jadi Sebagai Gejala Anemia
Salah satu gejala dari anemia adalah kelelahan. Ketika kamu merasa tubuh begitu lelah, lemas dan kurang bersemangat, bisa jadi ini menjadi gejala awal dari anemia. Tak hanya lelah, pusing dan mual, gejala lain dari anemia adalah detak jantung berdetak cepat.

Hindari Produk Susu atau Olahannya Saat Anemia
Susu memang kaya kalsium dan menyehatkan tubuh. Tapi, hindari mengonsumsinya dalam jumlah berlebih saat mengalami anemia. Susu serta olahannya yang mengandung kalsium bisa mengganggu proses penyerapan zat besi dan membuat anemia tidak bisa disembuhkan dengan cepat.

Kehamilan Bisa Menyebabkan Anemia
Dari beberapa penelitian yang ada, di negara-negara berkembang seperti Indonesia, wanita hamil dan sekitar 40% persen anak-anak pra sekolah diperkirakan mengalami anemia. Ya, kehamilan bisa menyebabkan anemia. Wanita hamil berisiko tinggi mengalami kekurangan zat besi yang akhirnya menyebabkan anemia.

Itulah beberapa fakta tentang anemia yang penting kamu ketahui. Selain fakta di atas, fakta lain tentang anemia adalah penting bagi penderita anemia melakukan tes darah, memperbanyak konsumsi makanan yang kaya zat besi dan vitamin C, penting memiliki waktu istirahat cukup serta konsumsi air putih cukup. Semoga informasi ini bermanfaat.


(vem/mim)
KOMENTAR PEMBACA
#MusikTalk The Jawara - Racun Cinta Dari Mantan Personil D'Bagindas