KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Kamu Sering Merasa Pusing? Kenali 4 Penyebabnya Berikut Ini

Senin, 12 Februari 2018 09:00 Penulis: Rohmitriasih
copyright thinkstockphotos.com

Vemale.com - Dibandingkan pria, wanita memang lebih sering merasa pusing dan kelelahan berat. Wanita juga rentan akan berbagai masalah kesehatan yang terbilang sepele namun sering terjadi termasuk flu, sakit kepala atau kram perut. Ada banyak penyebab kenapa wanita jadi lebih sering merasa pusing dibandingkan pria.

Dilansir dari laman prevention.com, gaya hidup, pola makan dan pengelolaan stres yang kurang baik menjadi penyebab utama kenapa wanita lebih sering merasa pusing. Selain itu, wanita yang lebih sering kepikiran dan stres membuat rasa pusing ini semakin menjadi-jadi. Tak hanya kepala pusing yang melanda, badan lelah dan kurang fokus juga akan menyertai masalah kesehatan ini.

Mengenai pusing sendiri, inilah beberapa penyebab kenapa seseorang sering merasa pusing.

Kehamilan

Hamil bisa meningkatkan volume darah dan detak jantung seseorang. Ini juga bisa menurunkan tekanan darah secara drastis sehingga sangat rentan menyebabkan pusing. Umumnya, ladies yang merasa pusing saat hamil akan disertai dengan mual di perut, badan pegal-pegal dan lemas.

Tekanan Darah Rendah

Padatnya aktivitas membuat tubuh mudah lelah dan tekanan darah menurun dengan drastis. Ditambah, pola makan yang tidak teratur serta asupan nutrisi yang kurang sehat bisa menjadi penyebab menurunnya tekanan darah. Jika tekanan darah sudah rendah, ini sangat berisiko menyebabkan pusing. Pusing biasanya dirasakan ketika berganti posisi dari duduk ke berdiri.

Dehidrasi

Pastikan agar kamu mencukupi kebutuhan air putih seimbang setiap harinya. Kurangnya asupan air putih juga cairan dalam tubuh bisa meningkatkan risiko dehidrasi dan berakhir pada pusing, kepala berat hingga vertigo. Terlalu padatnya aktivitas dan berada di ruangan terbuka yang panas serta pengap juga meningkatkan risiko pusing.

Terkejut/Syok

Adanya kabar buruk atau lainnya yang membuat kamu terkejut (syok) dipercaya para ahli bisa menyebabkan pusing. Biasanya pusing karena perasaan terkejut ini akan sangat parah saat kamu tiba-tiba terbangun dari tidur karena dikagetkan, mimpi menyeramkan hingga terbangun akibat peristiwa yang menakutkan.

Itulah sedikitnya empat penyebab kenapa kepala sering terasa pusing dan seolah berputar-putar. Selain penyebab di atas, penyebab lain dari pusing antara lain adalah infeksi di rongga telinga, gejala flu, gula darah rendah, menopause, risiko vertigo dan risiko penyakit mematikan seperti kanker. Semoga informasi ini bermanfaat.

Agar terhindar dari pusing, pastikan untuk menerapkan pola hidup sehat, miliki istirahat cukup, olahraga cukup dan penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh.

(vem/mim)
KOMENTAR PEMBACA
Video Skrin.id : Beach trip ke Thailand, ini dia itinerary wajibnya
02:48