Sukses

Beauty

Hal-Hal Aneh yang Bisa Terjadi Pada Tubuh Saat Kamu Menstruasi

Beberapa hal terjadi selama menstruasi, seperti kram dan perubahan emosi. Tapi tahu tidak bahwa beberapa hal unik dan aneh lain yang bisa terjadi selama menstruasi. Seperti dikutip dari Huffington Post, ini sekian perubahan aneh yang bisa terjadi selama menstruasi.

1. Suaramu berubah
Penelitian terbaru menemukan bahwa wanita mengalami perubahan selama menstruasi karena pengaruh hormonal dan salah satu perubahannya terjadi pada pita suara. Penulis penelitian, Irena Pavela Banai dari the University of Zadar mengatakan bahwa wanita umumnya tidak begitu menyadarinya, penyanyi profesional biasa lebih aware dengan perubahan ini.

2. Mulut dan rahang yang sakit
Ada kalanya perubahan hormon saat menstruasi juga menyebabkan masalah di area rongga mulut seperti peradangan gusi dan gigi sensitif. Inflamasi atau bengkak bahkan bisa menyebar ke rahang. Menurut Cleveland Clinic, wanita yang mengonsumsi pil KB mungkin juga lebih cenderung mengalami nyeri sendi temporomandibular (TMJ).

3. Lebih sensitif soal rasa sakit
Pernah merasa nggak kalau selama menstruasi tubuh jadi sakit semua dan nyeri yang kamu derita rasanya melilit tak tertahankan? Kesenggol sedikit saja kamu jadi manja dan merasa sakit banget, padahal sebelumnya tidak begitu. Ternyata, ini juga efek samping menstruasi, tubuh kamu jadi sensitif mengenai rasa sakit secara fisik.

Perubahan aneh dan mengesalkan selama kamu menstruasi/Copyright Pexels.com

4. Pencernaan kacau
Tidak hanya kembung dan susah kentut, kamu juga akan mengalami susah buang air besar atau justru diare akut. Itu karena zat kimia yang dibutuhkan tubuh untuk berkontraksi dan melepaskan lapisan di rahim menyebabkan kontraksi perut. Hormon yang memicu konstipasi timbul karena hormon progesteron menurun selama menstruasi.

5. Ceroboh
Mungkin kamu tidak menduga bahwa ternyata tindakan yang membuatmu suka terbentur sudut meja, kaki tersandung atau lupa menaruh barang ternyata bisa ditimbulkan selama menstruasi. Kamu jadi ceroboh tanpa kamu sadari dan ini bisa dipicu kelelahan berlebihan selama haid, kurangnya cairan yang menyebabkan otak bekerja lebih lamban dalam hal menjaga keseimbangan.

6. Waktu tidurmu terganggu
Seringkali, kamu juga akan mengalami susah tidur karena menderita mual, kram, dehidrasi dan suasana hati yang naik turun. Data dari National Sleep Foundation menemukan bahwa 23 persen wanita mengaku susah tidur selama menstruasi.

Jadi, jika kira-kira kamu juga merasakan hal-hal seperti ini selama menstruasi, ternyata itu hal yang wajar ladies. Ternyata, ada banyak perubahan unik yang timbul selama kamu menstruasi.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading