Sukses

Beauty

7 Tanda Tubuh Kamu Kekurangan Asupan Air Putih, Segera Cukupi Yuk!

Berapa gelas air putih yang kamu minum setiap harinya? Menurut para ahli, tubuh yang sehat adalah yang mencukupi kebutuhan air putihnya setiap hari. Rata-rata tubuh memerlukan air putih sebanyak 8 gelas per hari. Meski begitu, tidak sedikit orang yang hanya butuh asupan air di bawah 8 gelas tapi tidak sedikit pula yang butuh asupan air di atas 8 gelas per hari.

Kekurangan asupan air putih sangat berbahaya bagi kesehatan. Ada bermacam dampak buruk yang bakal dirasa tubuh ketika ia tidak mendapat asupan air putih cukup. Dan kekurangan asupan air putih ini sendiri sering disebut dengan dehidrasi. Dilansir dari laman boldsky.com, tubuh yang mengalami dehidrasi bisa menunjukkan beberapa tanda. Tanda tersebut antara lain sebagai berikut.

Haus Berlebih
Aktivitas yang padat tidak jarang akan menguras energi dan asupan cairan dalam tubuh. Inilah yang nantinya membuat kamu merasa haus berat. Haus berat bisa menjadi tanda bahwa tubuh kekurangan cairan. Ini juga menjadi tanda bahwa tubuh kurang fit.

Nafsu Makan Berkurang
Para ahli mengungkapkan bahwa selain haus berat, berkurangnya nafsu makan menjadi salah satu tanda utama bahwa tubuh mengalami dehidrasi. Dehidrasi berat juga sering menyebabkan perut mual, pusing dan perasaan tidak nyaman setiap kali melihat makanan.

Rasa Lelah Berlebih
Pernah merasa sangat lelah, punggung pegal-pegal dan pinggul sakit? Bisa saja ini terjadi karena kamu kekurangan asupan air putih. Tubuh lelah berlebih bisa disebabkan karena kurangnya cairan di dalam tubuh. Rasa lelah yang ada merupakan mekanisme pertahanan diri agar pemiliknya istirahat cukup dan konsumsi air putih cukup juga konsumsi berbagai makanan bernutrisi tinggi.

Tidak Fokus
Para ahli percaya jika ketika tubuh kekurangan cairan, ini berpengaruh besar terhadap kinerja otak. Seseorang yang kekurangan asupan air putih akan rentan terhadap penurunan kinerja otak. Kekurangan air putih juga menyebabkan tidak fokus, gagal paham, emosi tidak stabil hingga sinus dan pusing.

Urin Berwarna Kuning Pekat
Urin yang sehat adalah yang berwarna bening. Jika urin berwarna kuning pekat, ini menandakan tubuh mengalami dehidrasi atau kebutuhan cairan di dalamnya tidak tercukupi dengan baik.

Diare
Kurangnya asupan air putih akan membuat sistem pencernaan tidak bekerja dengan baik. Alhasil, pencernaan akan mengalami berbagai masalah mulai dari kembung, mual, diare hingga susah buang air besar.

Kulit Kering & Kaku
Saat tubuh mengalami dehidrasi, kulit juga akan rentan mengalami masalah. Masalah yang sering terjadi merupakan kulit kering, bersisik, kaku dan pecah-pecah. Untuk dapatkan kulit lembab serta cantik, memakai lotion dari luar saja tidak cukup. Perlu perawatan dari dalam yakni dengan konsumsi air putih cukup juga perbanyak konsumsi sayur dan buah.

Itulah beberapa tanda dari dehidrasi atau kekurangan air putih. Untuk dapatkan tubuh yang senantiasa fit setiap harinya, usahakan untuk konsumsi air putih cukup. Olahraga dan konsumsi berbagai nutrisi sehat lainnya juga jangan sampai ketinggalan. Semoga informasi ini bermanfaat.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading