1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Dibanding Air Putih, Ini Alasan Lebih Baik Minum Susu Setelah Olahraga!

Rabu, 31 Januari 2018 09:45 Penulis: Febi Anindyakirana
Minum susu setelah olahraga/copyright Pixabay.com

Vemale.com - Secara umum, air putih adalah minuman wajib yang harus dikonsumsi setelah olahraga karena kamu pasti akan sangat kehausan dan air putih adalah yang paling segar dan pas diminum untuk mengembalikan dehidrasi. Tapi tahukah kamu bahwa ternyata ada minuman yang lebih baik mengembalikan dehidrasi setelah olahraga lho, yaitu susu.

Penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Applied Physiology, Nutrition, and Metabolism, mengungkapkan bahwa susu dan susu alternatif (susu almond, susu kedelai dan lainnya) mampu mengembalikan cairan tubuh yang hilang dengan cepat sehingga menjadi minuman efektif setelah olahraga.

Ini karena susu mengandung komposisi seimbang antara sodium, karbohidrat dan protein sehingga mampu mengembalikan kondisi tubuh yang sedang dehidrasi. Peneliti melakukan percobaan yang membedakan antara susu dan energy drink. Setiap selesai olahraga, partisipan diminta minum susu sapi, susu kedelai, susu kemasan dan minuman energi. Peneliti mengukur darah dan urin untuk mengetahui tingkat hidrasi dan nutrisi dalam tubuh.

Ternyata, minum susu setelah olahraga memberikan kondisi retensi cairan lebih baik dibanding minuman lain. Lalu bagaimana dengan air putih? Peneliti mengungkapkan bahwa minum air putih sebenarnya menurunkan tingkat sodium dalam tubuh dan lebih lama mengembalikan cairan tubuh.

Jadi, mungkin kamu harus minum susu saja setelah olahraga mulai sekarang ya ladies. kecuali kamu tidak sedang diet, tidak masalah minum susu setiap hari setiap selesai olahraga. Tapi jika sedang diet, sepertinya air putih jadi alternatif lebih baik. Ketahui saja kebutuhanmu seperti apa ya ladies.

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA
Halangi Bajaj, Pejalan Kaki Tiduran di Trotoar