Sukses

Beauty

Tanpa Obat, Ini Pertolongan Pertama untuk Redakan Sakit Kepala

Saat pusing atau sakit kepala, aktivitas kita jelas terganggu. Untuk istirahat atau tidur pun rasanya sulit untuk dilakukan. Jika sudah begini kadang kita langsung memutuskan untuk minum obat pereda sakit kepala.

Tapi kalau tidak memiliki obat sakit kepala atau ragu-ragu saat akan mengonsumsi obat pereda pusing, ada sejumlah pilihan pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan. Seperti beberapa cara berikut ini, yuk kita ikuti keterangan lebih detailnya.

Ada beberapa cara yang bisa dicoba./Copyright purewow.com

Minum Air Putih
Saat pusing atau sakit kepala menyerang, coba perbanyak minum air putih. Dalam sejumlah kasus, pusing atau sakit kepala ini bisa disebabkan oleh dehidrasi. Jadi perbanyak minum air putih dan tunggu beberapa saat biasanya sakit kepala akan reda.

Makan Buah Semangka
Kalau sakit kepala yang kamu rasakan disebabkan oleh dehidrasi, makan buah semangka bisa jadi pertolongan pertama. Buah semangka yang kaya kandungan airnya bisa cukup ampuh mengatasi dehidrasi dan sakit kepala.

Kompres Pelipis dengan Es Batu
Dikutip dari purewow.com, pembuluh arteri yang mengalirkan darah ke lapisan otak berada di belakang tulang tipis pelipis. Saat sedang migrain, lapisan ini meradang. Menurunkan suhu darah dengan mengompres es batu (yang dibalut handuk kecil) di area pelipis bisa jadi salah satu cara tepat untuk meredakan pusing atau sakit kepala yang dialami.

Minum Segelas Kopi
Pada sejumlah kasus, sakit kepala disebabkan oleh membengkaknya pembuluh darah. Kandungan kafein dalam kopi bisa membantu mengatasi pembengkakan tersebut sehingga membuat pembuluh darah kembali normal. Tapi kalau kamu memang tidak terbiasa minum kopi atau punya masalah maag, cara yang satu ini mungkin kurang begitu direkomendasikan.

Memijat Pelipis dengan Minyak Peppermint
Minyak peppermint (peppermint oil) diyakini bisa memperlancar aliran darah. Memijat pelipis dengan minyak peppermint bisa jadi salah satu cara untuk melancarkan aliran darah di otak. Sehingga pusing atau sakit kepala yang dirasakan bisa menghilang secara perlahan.

Konsumsi Makanan Pedas
Coba konsumsi makanan pedas saat kamu didera pusing atau sakit kepala. Kandungan capsaicin pada cabai diyakini bisa bantu meredakan pusing atau sakit kepala dalam waktu singkat.

Minum Teh Jahe
Jahe memiliki kandungan anti inflamasi yang bisa bantu redakan rasa nyeri. Saat pusing atau sakit kepala, coba minum teh jahe untuk meredakannya.

Bila kamu merasa pusing atau sakit kepala, coba atasi dengan salah satu cara di atas. Tapi kalau rasa sakitnya tak kunjung reda, segera periksakan diri ke dokter, ya ladies.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading