Sukses

Beauty

Penting! Ini 7 Gejala Kanker Otak yang Perlu Wanita Ketahui

Mungkin banyak wanita masih belum banyak yang sadar akan bahaya kanker otak, meski hanya mendengarkannya saja sudah ngeri. Kanker otak bisa dibedakan menjadi dua kategori, yaitu tumor primer dan tumor sekunder.

Seperti diungkapkan Adilia Hormigo, MD, Ph. D., profesor neurologi, kedokteran dan bedah saraf dalam Women's Health, tumor primer menyerang dimulai dari otak dan jarang menyebar, sedangkan tumor sekunder dimulai dari bagian lain tubuh (biasanya paru-paru atau payudara) kemudian menyebar ke otak. Kedua-duanya sama-sama berbahaya dan mematikan.

Ini beberapa gejala kanker otak pada wanita yang harus kamu ketahui ladies.

1. Sakit kepala parah
Seharusnya ini bukan gejala yang mengejutkan, karena pertumbuhan sel tumor berada di otak, dan berpotensi berkembang jadi kanker. Sakit kepala parah dan tak tertahankan kemungkinan besar akan terjadi berkali-kali dan dalam waktu lama. Seringkali diikuti dengan mual dan muntah.

2. Kejang
Ketika kamu terjatuh dan mengalami kejang, berarti ada sesuatu di dalam otak yang tak beres. Umumnya, sel tumor berpotensi kanker akan menekan sel otak dan akan menyebabkan aliran listrik yang menyebabkan kejang.

3. Mual dan muntah tak terkendali
Akibat dari rasa pusing dan sakit kepala, kemungkinan besar kamu akan mual dan muntah-muntah tak terkendali dan parah. Jika kamu merasa tidak dalam keadaan sakit atau lelah kemudian tiba-tiba muntah-muntah parah, apalagi jika di usia 40 tahun ke atas, perlu periksakan ke dokter.

Gejala kanker otak yang harus kamu tahu/copyright Thinkstockphotos.com

4. Masalah penglihatan
Dengan sel tumor di otak, kemungkinan besar saraf mata di dalam otak juga terganggu dan mengalami tekanan sehingga kamu mengalami masalah penglihatan seperti kabur, penglihatan dobel, atau bahkan buta.

5. Kehilangan kendali otot dan ceroboh
Karena otak mengendalikan gerakan dan kekuatan tangan serta seluruh badan, ada kalanya kamu jadi mati rasa dan kehilangan kendali, entah itu menjatuhkan gelas yang kamu pegang, atau kaki tiba-tiba terbentur padahal kamu tahu di depan ada meja dan berniat menghindarinya.

6. Bingung dan pikiran kabur
Ketika kamu terlalu lelah, kurang tidur, kadar gula darah turun dan banyak kegiatan, ada kalanya kamu jadi tidak fokus dan bingung, bahkan pikiran jadi blank. Tapi jika kamu tidak mengalami ketiganya dan mengalami kebingungan, mudah lupa dan pikiran kabur, segera periksakan.

7. Perubahan mood
Suasana hati bisa berubah-ubah karena kondisi otak yang tidak terkendali dan sakit. Ini karena otak bagian depan yang disebut frontal lobe, yang mengendalikan kepribadian dan emosi mengalami gangguan dan mengubahmu jadi orang lain, entah secara sikap atau sifat.

Itu dia sekian gejala-gejala kanker otak yang harus kamu ketahui sejak dini ladies. Tidak ada yang bisa menduga kapan datangnya sakit, tapi kamu selalu bisa mencegahnya jauh-jauh hari jika memahami gejalanya.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading