Sukses

Beauty

5 Perubahan yang Dirasakan Saat Haid Ini Aneh Tapi Sebenarnya Normal

Saat sedang haid, tubuh akan terasa berbeda dari biasanya. Mulai dari gampang capek hingga emosi yang tidak stabil. Pola makan pun bisa ikut berubah.

Tapi pernahkah kamu merasakan perubahan yang rasanya tak biasa saat sedang haid? Seperti jadi mudah kehabisan napas hingga nyeri otot yang lama sembuh. Gejala dan perubahan ini memang agaknya aneh tapi sebenarnya masih dalam taraf normal, kok.

Gampang Kehabisan Napas
Baru lari sebentar tapi napas sudah sesak rasanya? Gampang kehabisan napas ini juga bisa disebabkan oleh perubahan hormon. Dikutip dari thehealthsite.com, sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Sports Medicine menyebutkan bahwa siklus haid bisa memengaruhi pernapasan. Napas biasanya jadi gampang terasa sesak menjelang siklus haid berakhir.

Ingin Menghentikan Kebiasaan Buruk
Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal penelitian Nicotine and Tobacco, PMS (premenstrual syndrome) bisa memunculkan keinginan untuk menghentikan sebuah kebiasaan buruk, seperti keinginan untuk berhenti merokok. Tekad dan keinginan untuk menghentikan sebuah kebiasaan buruk ini biasanya akan makin kuat di akhir siklus haid.

Saat haid, badan memang terasa berbeda dari biasanya./Copyright shutterstock.com

Merasa Nggak Tenang dengan Berat Badan
Perut kembung memang merupakan salah satu gejala PMS. Selain itu seperti dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di International Journal of Eating Disorders PMS, saat sedang haid atau PMS, biasanya hati jadi makin merasa nggak tenang saat sudah menyangkut urusan berat badan. Jadi jangan heran kalau saat sedang haid, kamu jadi sering bolak-balik menimbang berat badan.

Ingin Makan Daging Merah
Sebuah penelitian yang diterbitkan di American Journal of Epidemiology menyebutkan bahwa keinginan makan daging merah bisa muncul saat sedang haid. Hal ini pun ternyata ada alasan ilmiahnya. Daging merah kaya akan zat besi dan karena ketika haid kita mengeluarkan cukup banyak darah, kita butuh asupan zat besi yang lebih banyak. Sehingga tubuh jadi memberikan sinyal untuk ingin mencari sumber makanan yang kaya zat besi, seperti daging merah.

Nyeri Otot yang Lama Sembuhnya
Menurut sebuah penelitian di Journal of Head Trauma Rehabilitation, nyeri otot yang dialami wanita akan lama sembuhnya menjelang haid. Bahkan proses sembuhnya sebuah luka bisa memakan waktu lebih lama dari biasanya.

Perubahan hormon yang terjadi saat haid memang bisa memengaruhi kondisi fisik dan psikis kita. Selama perubahan yang dialami tidak membahayakan atau terlalu mengkhawatirkan, tak perlu sampai panik berlebihan ya ladies.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading