Sukses

Beauty

Ladies, Ini Lho Alasan Kenapa Kamu Ngidam Cokelat Saat Menstruasi

Disadari atau tidak, ketika menstruasi tiba sebagian besar wanita merasa nafsu makannya bertambah. Saat menstruasi, tidak sedikit pula yang merasa stres, kurang nyaman dan mood memburuk. Sementara itu, konsumsi sesuatu yang manis seperti cokelat dipercaya bisa mengobati perasaan buruk ini.

Dilansir dari laman thehealthsite.com, hormon progesteron dan estrogen pada tubuh cenderung turun di awal menstruasi atau saat menstruasi berlangsung. Turunnya hormon ini selanjutnya membuat nafsu makan meningkat, mood buruk hingga kram perut. Tingkat serotonin kamu pun turun di waktu ini. Di sisi lain, tingkat kortisol justru meningkat.

Sebagian besar wanita akan sangat suka makan cokelat saat menstruasi. Satu sisi, ia percaya bahwa kandungan nutrisi pada cokelat bisa memperbaiki mood dan membuat kram perut berkurang. Satu sisi lain, cokelat merupakan makanan ringan yang bisa ditemukan di mana saja, kapan saja dengan harga cukup terjangkau.

Namun tahukah kamu, kenapa banyak dari kita yang ngidam cokelat saat menstruasi? Melanie McGrice, seorang pakar diet dan ahli nutrisi di Australia mengungkapkan jika ketidakseimbangan hormon dalam tubuh selama menstruasi bisa saja membuat kita menginginkan makanan manis terutama cokelat. Mood yang naik turun selama menstruasi meningkatkan keinginan kita untuk konsumsi sesuatu yang manis.

Penelitiannya yang dilakukan pada tahun 2004 menemukan bahwa wanita di Amerika mengaku jauh lebih bahagia setelah makan cokelat saat menstruasi. Sementara itu, wanita Spanyol menginginkan cokelat saat malam atau saat mereka bekerja demi menurunkan mood buruk selama menstruasi.

Meski begitu, Melanie mengungkapkan bahwa tidak semua wanita menginginkan cokelat saat menstruasi. Keinginan cokelat saat menstruasi tidak selalu terjadi karena ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Ini terjadi tergantung pada pola pikir dan kepercayaan kita terhadap sesuatu. Termasuk kepercayaan konsumsi cokelat selama menstruasi bisa bikin bahagia.

"Setelah melakukan penelitian ini, aku percaya keinginan konsumsi cokelat saat menstruasi berhubungan dengan persepsi dan pola pikir kita. Ini juga berhubungan dengan pengondisian budaya. Ketidakseimbangan hormon bukan penentu utama kenapa wanita menginginkan cokelat saat menstruasi. Tapi tidak dipungkiri ini juga menjadi salah satu penyebabnya," ungkap Melanie.

Kalau kamu, apakah kamu termasuk dari tim yang ngidam cokelat saat menstruasi tiba ladies?

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading