Sukses

Beauty

Ini Efeknya Pada Otak Jika Terlalu Banyak Makan Makanan Asin

Sudah bukan rahasia lagi kalau terlalu banyak konsumsi garam bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, mulai dari tekanan darah tinggi, pengentalan darah hingga penyakit jantung. Tapi penelitian terbaru punya bukti lain bahwa garam tidak hanya bisa menyebabkan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung tapi juga memberi pengaruh buruk pada otak.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature Neuroscience, menemukan bahwa tikus yang diberi makan garam kadar tinggi menunjukkan tanda menurunnya kinerja mental dan gangguan kognitif. Hal ini terjadi karena otak tikus mengalami penurunan aliran darah akibat mengentalnya darah.

Tikus yang dijadikan penelitian tersebut menunjukkan penurunan kemampuan yang berhubungan dengan berpikir akibat terlalu banyak konsumsi garam. Bahkan menurunnya respon spontan terhadap sentuhan. Penelitian juga menunjukkan meningkatnya inflamasi di dalam tubuh.

Garam bisa menimbulkan gangguan otak/copyright Pexels.com

Dr Costantino Iadecola mengungkapkan dalam ABC Australia bahwa setelah satu bulan konsumsi garam tidak dikurangi, tikus tersebut jadi hilang akal dan gila. Bahkan mereka kehilangan kemampuan dalam melakukan aktivitas sehari-hari yang normal seperti mencari makan dan membangun sarang.

Meski memang manusia dan tikus berbeda, namun diasumsikan bahwa efeknya tidak jauh berbeda ketika manusia terlalu banyak mengonsumsi garam. Jadi, akan lebih baik jika mengurangi konsumsi garam dan hidup lebih sehat ya ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading