Sukses

Beauty

5 Bahaya Melakukan Diet Super Ketat, Wanita Wajib Tahu Nih!

Saat melakukan diet, hal terberat yang harus dilewati adalah menjaga komitmen. Kebanyakan usaha diet gagal karena kita tidak sabaran. Yang kita inginkan kemudian adalah ingin menurunkan berat badan secepat mungkin. Diet super ketat pun rela kita lakukan.

Tapi tahukah kalau diet super ketat itu justru berdampak sangat negatif pada kesehatan tubuh? Proses menurunkan berat badan yang paling bagus adalah yang prosesnya setahap demi setahap, bukan langsung instan begitu saja. Kalau berat badan turun secara drastis dalam waktu singkat karena diet super ketat, ada sejumlah risiko yang harus dihadapi.

Keseimbangan Elektrolit Terganggu
Seperti yang dikutip dari thehealthsite.com, keseimbangan elektrolit dalam tubuh bisa terganggu bila berat badan turun drastis dalam waktu singkat. Dampaknya pun bisa memengaruhi fungsi kardiovaskular. Bahkan kadar sodium dalam tubuh bisa menurun yang membuat tubuh jadi gampang capek dan pusing.

Metabolisme Menurun
Diet ketat yang mengurangi asupan kalori bisa membuat tubuh bekerja lebih keras menghemat energi, sehingga membuat sistem metabolisme jadi menurun. Apalagi kalau tubuh tidak mendapat cukup protein, otot tubuh jadi lemas dan membuat kinerja metabolisme jadi lebih lambat lagi.

Jangan sembarangan mengikuti program diet./Copyright shutterstock.com

Kekurangan Mineral
Diet super ketat bisa membuat tubuh kekurangan vitamin dan mineral. Kurang zat besi bisa menyebabkan anemia. Kekurangan kalsium dan vitamin D bisa menyebabkan osteoporosis.

Dehidrasi
Turunnya berat badan drastis karena diet super ketat juga menyebabkan penurunan kadar air dalam tubuh. Bukan lemak yang hilang, malah tubuh kekurangan banyak cairan. Akhirnya mengalami dehidrasi yang menyebabkan sakit kepala, letih, hingga sembelit. Kalau kondisi dehidrasi terjadi dalam jangka waktu lama bisa berdampak lebih serius seperti terganggunya fungsi ginjal.

Sistem Keseimbangan Tubuh Terganggu
Keseimbangan tubuh bisa tetap terjaga bila perubahan terjadi setahap demi setahap. Tapi kalau perubahan berat badan terjadi secara drastis, keseimbangan tubuh bisa terganggu. Perubahan yang terlalu drastis membuat tubuh kesulitan untuk merespon dan menyesuaikan dirinya.

Setiap kali akan mengikuti sebuah program diet, selalu utamakan kondisi kesehatanmu ya ladies. Jangan memaksakan diri mendapat hasil instan kalau ujung-ujungnya malah menimbulkan banyak penyakit.




(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading