Sukses

Beauty

Waspada, 6 Penyakit Ini Berisiko Pada Mereka yang Bertubuh Gemuk

Pola makan dan pola hidup yang kurang sehat seringkali membuat berat badan bertambah lebih cepat dan tak terkendali dengan baik. Alhasil, tubuh pun menjadi sangat gemuk atau yang sering kita sebut sebagai obesitas. Selain pola hidup yang kurang sehat, kegemukan juga sering terjadi karena stres, konsumsi junk food dan kurang olahraga atau pun istirahat.

Mengenai masalah kegemukan, penting kita tahu bahwa kegemukan bisa meningkatkan berbagai risiko penyakit. Dilansir dari laman boldsky.com, ada beberapa penyakit mematikan yang rentan menyerang orang-orang dengan tubuh terlalu gemuk. Apa saja penyakit tersebut? Berikut ulasannya.

Migrain
Penyakit pertama yang sangat berisiko adalah migrain. Penelitian menyebutkan bahwa kandungan lemak berlebih pada tubuh gemuk akan membuat aliran oksigen yang disalurkan ke kepala tidak stabil sehingga menyebabkan migrain.

Kanker
Beberapa ahli menyebutkan jika obesitas dan lemak berlebih di tubuh erat kaitannya dengan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Tubuh yang terlalu gemuk bisa membuat sel kanker tumbuh lebih cepat. Pada pria, kanker prostat menjadi kanker yang umum terjadi karena masalah kelebihan berat badan atau kegemukan. Sedangkan pada wanita, kanker uterus adalah kanker yang sering disebabkan oleh masalah kegemukan.

Diabetes
Diabetes merupakan salah satu penyakit mematikan yang ditakuti sebagian besar orang. Penyakit ini akan berisiko dua hingga tiga kali lebih besar di tubuh ketika tubuh mengalami kegemukan atau obesitas.

Batu Empedu
Batu empedu merupakan hasil dari lemak dan kolesterol yang mengeras di empedu. Penyebab mengerasnya lemak dan kolesterol ini tentunya karena masalah kegemukan atau obesitas. Lemak yang berlebih di tubuh sementara tidak diurai dengan baik, ini sangat berbahaya buat kesehatan khususnya kesehatan empedu.

Alzheimer
Stres dan depresi berat bukan satu-satunya penyebab dari masalah alzheimer. Kegemukan atau obesitas rupanya juga menjadi penyebab utama masalah ini. Orang-orang yang di masa mudanya bertubuh gemuk dan kelebihan lemak di tubuhnya, di masa tua ia lebih berisiko menderita alzheimer dua sampai tiga kali lipat.

Sembelit
Selain disebabkan oleh mengerasnya kotoran di usus akibat kurangnya konsumsi serat, sembelit juga sering disebabkan oleh menumpuknya lemak di tubuh terutama perut.

Itulah sedikitnya 6 masalah kesehatan yang berisiko pada orang-orang bertubuh gemuk atau obesitas. Agar terhindar dari masalah kesehatan ini, penting bagi kita untuk selalu menerapkan pola hidup sehat, memiliki istirahat cukup, olahraga cukup dan penuhi kebutuhan cairan atau air putih. Semoga informasi ini bermanfaat.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading