Sukses

Beauty

Waspada! 7 Gejala Endometriosis yang Perlu Diketahui Semua Wanita

Pernah dengar istilah endometriosis? Endometriosis merupakan suatu kelainan di mana adanya jaringan rahim (endometrium) yang berada di luar dari rahim. Biasanya lokasi endometriosis ini ada  pada organ-organ di dalam rongga panggul (pelvis), seperti indung telur dan lapisan yang melapisi rongga abdomen.

Gejala dan tanda endometriosis ini bisa dikenali atau dirasakan. Umumnya gejala-gejalanya meliputi hal-hal berikut ini. Yuk, kita kenali lebih jauh agar bisa lebih waspada.

Nyeri Haid yang Sangat Menyiksa
Dilansir dari familyshare.com, nyeri haid parah bisa jadi salah satu gejala endometriosis. Hal ini karena jaringan yang terbentuk di luar rahim mempengaruhi jaringan dan otot-ototnya yang membuatnya jadi tidak fleksibel, bengkak, bahkan menyebabkan inflamasi. Kalau setiap bulan kamu sering kram perut yang sangat menyiksa dan menyakitkan, waspadai endometriosis ini.

Waspadai nyeri haidmu./Copyright thinkstockphotos.com

Durasi Haid Panjang
Dokter Tamer Seckin (pendiri dan kepala medis Endometriosis Foundation of America), dikutip dari health.com, menjelaskan bahwa durasi haid itu normalnya tak lebih dari enam hari. Sementara kalau memiliki endometriosis, durasi haid bisa lebih panjang dan lama dari itu.

Susah Hamil
30-40% wanita yang mengidap endometriosis biasanya akan susah hamil. Rasa sakit saat berhubungan intim pun bisa jadi salah satu gejala endometriosis.

Nyeri Punggung
Nyeri punggung mungkin sering dialami saat sedang haid. Tapi kalau mengidap endometriosis, nyeri punggung bisa berlang sebelum, selama, bahkan hingga sesudah haid. Waspadai juga jika mengalami sakit atau nyeri di bagian dada, apalagi sampai batuk darah.

Sakit Saat Buang Air Kecil
Terasa sakit atau nyeri saat buang air kecil? Ini juga bisa jadi salah satu gejala endometriosis. Bila jaringan rahim sampai mempengaruhi saluran air kencing, ginjal, dan uretra, saat buang air kecil bisa terasa sakit.

Tubuh gampang capek?/Copyright thinkstockphotos.com

Gampang Capek
Saat akan haid atau sedang haid, tubuh memang akan terasa gampang capek. Tapi kalau kondisi gampang capek ini sering dirasakan dan disertai dengan perut kembung, mual, dan gangguan pencernaan, bisa jadi kamu mengidap endometriosis.

Menometroragia
Menometroragia adalah pendarahan dari Miss V tanpa ada hubungannya dengan suatu siklus haid. Bisa terjadi di antara dua siklus haid. Coba periksakan diri ke dokter kalau kamu sering mengalami kondisi ini.

Itu tadi tujuh gejala umum endometriosis. Penting untuk memperhatikan gejalanya lebih awal dan segera periksakan diri ke dokter bila mengalaminya, ya ladies.

 

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading