1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Tips Redakan Kram & Nyeri Menstruasi dengan Susu Kunyit Hangat

Jum'at, 12 Januari 2018 17:00 Penulis: Febi Anindyakirana
Susu kunyit redakan kram menstruasi/copyright The Green Creator

Vemale.com - Seringkali rasa nyeri saat kram menstruasi tidak tertahankan dan membuat setiap wanita tidak minat melakukan kegiatan apa pun. Rasanya tiduran di rumah adalah pilihan paling tepat dan kamu inginkan dibandingkan berangkat kerja atau melakukan aktivitas seperti biasa.

Beberapa wanita akan minum obat untuk meredakan nyeri karena kram menstruasi. Tapi jika dibandingkan minum obat pereda nyeri yang bisa jadi punya efek samping berbahaya untuk tubuh, lebih baik cari obat yang bisa meredakan nyeri kram secara alami. Salah satunya adalah minum susu kunyit. Cara membuatnya sangat mudah.

Bahan:

  • 1 gelas susu (bisa full krim atau murni)
  • 1 sdt kunyit bubuk (bisa juga menggunakan 2 ruas kunyit segar)
  • 1 sdm madu

Cara membuat:

  1. Hangatkan susu, masukkan kunyit bubuk. Jika menggunakan kunyit segar, parut kunyit dan masukkan ke dalam susu panas.
  2. Setelah susu panas, matikan api dan tambahkan madu. Aduk rata dan susu kunyit sudah bisa dinikmati selagi hangat.

Kunyit adalah obat alami yang mengandung antibiotik dan memiliki sifat menyembuhkan, salah satunya meredakan nyeri atau kram menstruasi. Sedangkan susu sangat membantu memberikan kenyamanan saat kram. Jika digabungkan, keduanya akan berperan sebagai antispasmodik, atau obat yang akan meredakan kram dan nyeri haid.

Bahkan susu kunyit dipercaya juga bisa melancarkan proses melahirkan untuk para ibu hamil, masa penyembuhan setelah melahirkan, dan meningkatkan asi. Jadi, setiap kali kamu merasakan kram haid atau sebelum mengalaminya, kamu bisa mencegah dengan membuat susu kunyit sebelum berangkat kerja di hari-hari awal menstruasi ya ladies.

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA
Tambah Hoki, Pakai Warna Baju Sesuai Tanggal Lahirmu