Sukses

Beauty

Susah Buang Air Besar, Minum & Makan Sesuatu yang Hangat

Salah satu masalah pencernaan yang begitu mengganggu dan rentan terhadap berbagai masalah pencernaan lain yang lebih bahaya adalah susah buang air besar. Menurut para ahli, buang air besar yang baik dan sehat adalah ketika itu dilakukan di waktu yang rutin setiap pagi, setiap hari. Dengan buang air besar rutin, ini bisa membuat sistem pencernaan bersih dari sisa makanan yang menumpuk dan berbagai virus juga bakteri.

Dilansir dari laman prevention.com, buang air besar yang rutin dilakukan setiap pagi juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah kembung, meringankan badan hingga bantu melancarkan program diet. Tapi, bagaimana jadinya jika buang air besar tidak terjadi secara rutin setiap pagi?

Para ahli mengungkapkan jika buang air besar yang tidak dilakukan secara rutin bisa berisiko buruk terhadap sistem pencernaan. Ini juga memungkinkan perut terasa tidak nyaman. Satish Rao, MD, seorang ahli kesehatan pencernaan dari Disgestive Health Center di Augusta University menyebutkan jika buang air besar yang jarang terjadi rentan terhadap berbagai risiko penyakit pencernaan.

Untuk itu, penting dilakukan pola hidup sehat dan istirahat cukup demi dapatkan aktivitas buang air besar rutin setiap pagi. Ketika kita mendapati moment susah buang air besar, Satish menyarankan agar kita mengonsumsi makanan atau minuman hangat.

Menurutnya, makanan dan minuman hangat bisa mendorong sistem pencernaan untuk bekerja lebih baik. Beberapa minuman hangat yang ampuh mencegah risiko susah buang air besar sendiri antara lain adalah kopi, teh dan susu. Ahli kesehatan pencernaan lain yakni Joy Dubost, PhD, RD, mengatakan jika ketika minuman dan makanan hangat dikonsumsi dengan baik dan rutin, ini menyehatkan sistem pencernaan.

Tapi ingat, konsumsi minuman dan makanan hangat saja tidak cukup membuat kita memiliki aktivitas buang air besar rutin. Konsumsi makanan kaya serat tetap harus jadi prioritas utama kita setiap hari. Memiliki istirahat, olahraga dan minum air putih cukup juga tak boleh dilewatkan begitu saja setiap harinya.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading