1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Menguak Kelelahan Kronis yang Dialami Ruben Onsu, Apa Sih Gejalanya?

Jum'at, 12 Januari 2018 13:27 Penulis: Zika Zakiya
Ruben Onsu dan Sarwendah/Kapanlagi.com

Vemale.com - Ruben Onsu dalam kondisi kesehatan yang kurang fit. Suami dari Sarwendah ini diketahui tengah dirawat di rumah sakit dan harus menggunakan selang pernapasan.

Menurut rekan-rekan terdekatnya, Ayu Ting Ting dan Ivan Gunawan, Ruben mengalami kelelahan yang amat sangat. Ini karena Ruben bekerja tanpa henti meski saat itu baru saja pulang liburan dari luar negeri.

"Ya kemaren dia kecapekan mungkin ya karena dia baru pulang dari jalan-jalan ke luar negeri terus langsung kerja. Nah itu salahnya di situ makanya saya bilang istirahat aja dulu," ujar Ayu seperti dilansir dari Kapanlagi.com, Kamis (11/1).

"Mungkin kalau nggak dikasih sakit kaya gini dia nggak akan istirahat. Bakal dihantam kerja terus sama dia," tambahnya,

Kenapa lelah bisa menyebabkan seseorang sampai jatuh sakit?

Kelelahan yang amat sangat disebut Sindrom Kelelahan Kronis (Chronic fatigue syndrome) atau CFS. Kelelahan ini merupakan bentuk kepayahan yang luar biasa dan tak kunjung hilang meski sudah beristirahat.

Dilansir dari healthline.com, penyebab CFS tidak diketahu dengan jelas. Beberapa teori menyebut penyebabnya adalah infeksi, tekanan psikologis, stres, atau pun kombinasi beberapa faktor.

Nah, karena tidak ada penyebab pastinya maka gejalanya pun tidak sama. Maka itu juga CFS sulit didiagnosa dan tidak ada tes yang bisa memastikannya.

Memang CFS diketahui bisa terjadi saat ada infeksi virus yang terjadi. Namun demikian tidak pernah ditemukan adanya tipe infeksi khusus yang bisa menyebabkannya. Beberapa ahli medis bahwa mereka yang menderita CFS punya masalah dengan daya tahan tubuh. Ada juga yang menyebut bahwa CFS terjadi pada seseorang yang tidak memiliki level hormon yang normal.

"CFS umum ditemui pada seseorang pada usia 40 dan 50-an. Jenis kelamin juga berperan penting dalam CFS di mana perempuan dua kali lebih berisiko terjangkiti dibanding pria," demikian ujar pernyataan dari healthline.com.

Semoga Ruben cepat sembuh ya, diberi kesehatan dan kembali menghibur masyarakat Indonesia.

(vem/zzu)
KOMENTAR PEMBACA
Nikita Mirzani Menghapus Semua Foto di Instagramnya