Sukses

Beauty

Apa yang Harus Dimakan Biar Nggak Gampang Sakit? Ini Daftarnya

Musim hujan membuat tubuh jadi rawan sakit. Imun tubuh jadi turun dan tubuh akhirnya lebih mudah terinveksi virus, entah itu demam, flu atau batuk. Jika sudah terserang, mau tak mau kamu harus istirahat agar cepat sembuh. Untuk menjaga kekebalan tubuh dari penyakit selama musim hujan, ini yang sebaiknya kamu makan setiap hari.

1. Probiotik
Minum yogurt karena mengandung bakteri baik probiotik yang bisa meningkatkan imun tubuh. Probiotik akan membersihkan saluran pencernaan, dan dari sinilah probiotik akan memperkuat kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit. Makanan lain yang mengandung probiotik seperti tempe, keju, kimchi dan kombucha juga bisa dikonsumsi.

2. Prebiotik
Sama-sama bakteri baik, prebiotik ditemukan pada makanan berbeda dari probiotik. Prebiotik membantu meningkatkan jumlah bakteri baik di pencernaan. Makanan seperti sayuran, bawang putih, bawang bombay, daun bawang, dan berbagai sayuran hijau mengandung prebiotik.

3. Makanan tinggi vitamin C
Buah seperti apel, pisang, jeruk, kiwi, stroberi dan tomat tidak hanya tinggi prebiotik tapi juga tinggi vitamin C. Sebagai antioksidan dan vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh, vitamin C berperan sangat banyak dalam metabolisme dan terutama menguatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit. Jika sudah mulai merasa kan sakit, akan lebih baik jika minum suplemen vitamin C.

4. Makanan tinggi serat
Tidak hanya memperbanyak bakteri baik di dalam pencernaan, makanan yang kamu makna juga harus tinggi serat agar sistem pembuangan bisa membuang sisa makanan menumpuk dengan baik sehingga tidak mengundang penyakit. Makanan tinggi serat biasanya juga tinggi nutrisi, jadi paket lengkap untuk menjaga kesehatan. Buah dan sayur, nasi merah, gandum, dan jagung bisa jadi pengganti nasi biasa jika ingin kebal penyakit.

Itu dia sekian makanan yang bisa dikonsumsi agar nggak gampang jatuh sakit.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading