Sukses

Beauty

4 Makanan Terbaik Jauhkan Kanker Payudara Dari Hidupmu

Kanker payudara adalah ancaman bagi setiap wanita. Meski kamu merasa baik-baik saja, sehat dan tak merasa ada yang perlu dikhawatirkan, bukan berarti kamu bisa abai dengan serangan kanker payudara. Karena seringkali penyakit bisa terjadi tanpa bisa diduga.

Salah satu cara mencegah serangan kanker payudara adalah dengan makan makanan sehat. Beberapa makanan dipercaya bisa menjauhkan kanker payudara dari hidupmu karena kandungan nutrisinya yang hebat.

Ikan salmon cegah kanker payudara/copyright Pixabay.com

1. Ikan

Ikan salmon, sarden, tuna, makarel dan ikan laut lainnya memiliki asam lemak omega 3 yang mampu membantu menurunkan inflamasi dalam tubuh. Penelitian tahun 2014 dalam jurnal Cancer Causes & Control menunjukkan bahwa konsumsi asam lemak omega-3 tiap hari bisa turunkan risiko kanker payudara. Jika beli ikan terlalu repot, bisa juga mengonsumsi kapsul minyak ikan.

Minyak zaitun cegah kanker payudara/copyright Pexels.com

2. Minyak zaitun
Minyak zaitun termasuk lemak sehat, dan menurut penelitian tahun 2015 yang diterbitkan dalam JAMA, menambahkan 4 sendok makan minyak zaitun ke dalam salad buah dan sayur mampu menurunkan risiko kanker payudara hingga 68%.

Buah dan sayur wajib dikonsumsi/copyright Pexels.com

3. Buah dan sayur
Banyak penelitian, salah satunya tahun 2011 dalam jurnal European Journal of Nutrition menemukan bahwa diet sehat buah dan sayur bisa menurunkan risiko kanker payudara karena tingginya antioksidan di dalamnya. Serat dalam buah dan sayur juga bisa memenuhi kebutuhan tubuh secara umum. Tapi kamu perlu mengurangi buah yang terlalu manis seperti buah pisang dan mangga untuk menjaga gula darah.

Kedelai bantu turunkan risiko kanker payudara/copyright Pixabay.com

4. Kedelai
Makanan berbasis kedelai, baik itu kacang kedelai asli, edamame, tempe, tahu dan susu kedelai adalah makanan yang bisa menurunkan kanker payudara. Tapi jika ada mutasi gen BRCA2, kedelai perlu dihindari, karena penelitian 2013 yang terbit dalam American Journal of Clinical Nutrition, menemukan bahwa kedelai dan makanan olahannya bisa meningkatkan risiko kanker payudara.

Jadi, itu dia empat makanan wajib yang harus dimakan jika kamu ingin jauh dari kanker payudara sekaligus bisa diet sehat karena nutrisi empat jenis makanan di atas juga mampu menurunkan berat badan secara alami.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading